Pajak Untuk Pembangunan Berkelanjutan

Jumat 12-11-2021,11:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PEMASUKAN dari sektor pajak, menjadi instrumen utama bagi pembangunan berkelanjutan di Kota Cirebon. Untuk itu, upaya meningkatkan pembayaran pajak dilakukan secara masif. Dimulai dari kepatuhan instansi Pemerintah Daerah Kota Cirebon sebagai wajib pajak dalam pengelolaan APBD.

Inspektur Kota Cirebon Drs Asep Gina Muharam mengatakan, Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), berperan aktif melakukan langkah optimalisasi untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Diantaranya, Inspektorat Daerah Kota Cirebon bekerjasama dengan KPP Pratama Cirebon Satu, menggelar edukasi perpajakan dan pengawasan bersama kepada seluruh bendahara pengeluaran. \"Edukasi perpajakan ini selaras dengan upaya kami sesuai arahan KPK, untuk berperan aktif meningkatkan pendapatan dan pemasukan dari pajak,\" ucapnya.

Asep Gina menjelaskan, pajak menjadi salah satu instrumen utama dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Kota Cirebon. Karena itu, seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Daerah Kota (Pemkot) Cirebon, menjadi garda terdepan dalam membayar pajak atas belanja pemerintah. Peran utama mengelola keuangan daerah ada di Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Inspektorat, kata Asep Gina, bersinergi dengan BPKPD sesuai tupoksi yang melekat sebagai APIP.

Kepala KPP Pratama Cirebon Satu Nirmala Rustini SP MM mengapresiasi Inspektorat Daerah Kota Cirebon, yang berinisiatif menggelar edukasi perpajakan kepada seluruh SKPD lingkup Pemkot Cirebon. Hal ini bentuk upaya bersama menjalankan Instruksi Presiden RI Nomor 4 Tahun 2018 tentang Peningkatan Pengawasan Penerimaan Pajak atas Belanja Pemerintah dan PNBP. \"APIP membantu mengawasi pembayaran pajak dari belanja pemerintah. Kami terbuka untuk diskusi dan konsultasi terkait pajak,\" ujarnya.

Sosialisasi dan edukasi kepada seluruh bendahara pengeluaran seluruh SKPD Pemkot Cirebon tersebut, lanjutnya, agar adanya ketertiban dalam administrasi dan pembayaran pajak. Hal ini penting untuk rekonsiliasi data. Serta, ucap Nirmala, sangat mempengaruhi pemasukan Pemkot Cirebon dari sektor pajak. Dimana, pemasukan itu digunakan untuk pembangunan berkelanjutan di Kota Cirebon. (ysf)

Tags :
Kategori :

Terkait