Cirebon Siaga 112 Menuju ASEAN ICT Awards 2022

Jumat 12-11-2021,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Cirebon Siaga 112 buatan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon meraih penghargaan sebagai Karya Terpilih terbaik pertama untuk Public Sector dalam ajang Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) 2021 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), beberapa waktu lalu.

Karya terpilih tersebut mendapatkan penghargaan Rp10.000.000 dan fasilitas mentoring dan pemanfaatan teknologi AWS setara USD 25.000 dari HUB.ID x AWS. Selain itu juga, Cirebon Siaga 112 rencananya akan mewakili Indonesia dalam kompetisi ASEAN ICT Awards (AICTA) 2022.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa AP menjelaskan, IdenTIK merupakan transformasi dari program INAICTA serta ID.UP yang merupakan ajang kompetisi yang ditujukan untuk menggali produk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) karya anak bangsa terbaik yang diselenggarakan oleh Kominfo RI.

Dengan adanya acara tersebut, diharapkan produk TIK karya anak bangsa tersebut dapat bersaing di tingkat regional, bahkan dalam ajang-ajang internasional. “Pemda Kota Cirebon mengikuti kategori public sector ini dengan mengajukan dua layanan yaitu Cirebon Siaga 112 dan Wistakon,” tutur Ma’ruf kepada wartawan, Sabtu (6/11).

Selain itu, Ma’ruf bersyukur, kedua layanan yang diajukan berhasil masuk lima besar kategori public sector. Bahkan Cirebon Siaga 112 meraih peringkat pertama di kategori tersebut.

“Selanjutnya Cirebon Siaga 112 akan diikutsertakan mewakili Indonesia dalam kompetisi ASEAN ICT Award 2022,” tutur Ma’ruf.

Beberapa indikator penilaian untuk Cirebon Siaga 112 juga mendapatkan nilai baik sehingga dapat terpilih menjadi juara 1 dalam kategori public sector. Di antaranya layanan Cirebon Siaga 112 terasa sekali manfaatnya oleh masyarakat, dapat ditelepon melalui telepon genggam meskipun tidak memiliki pulsa.

2

“Layanan Cirebon Siaga 112 merupakan inovasi yang dilakukan dengan kolaborasi dengan banyak pihak. Sehingga masyarakat cukup mengingat satu nomor yaitu 112 untuk semua layanan kedaruratan,” tutur Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma\'ruf menjelaskan penghargaan ini merupakan kado bagi istimewa bagi layanan Cirebon Siaga 112 yang 29 Oktober lalu baru berulang tahun yang ketiga.

\"Ke depannya layanan satu nomor kedaruratan ini akan terus kami perbaiki dan kami tingkatkan sehingga akan semakin banyak manfaat yang dapat masyarakat rasakan,\" ungkapnya.

Selain itu, media sosial (medsos) milik Pemda Kota Cirebon juga menjadi nominator pada Anugerah Media Humas (AMH) 2021. Sekalipun belum meraih juara, Pemda Kota Cirebon masuk 6 (enam) terbaik nasional Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Nominasi ini menjadi motivasi Pemda Kota Cirebon untuk meningkatkan citra positif Pemda dan memberikan informasi terbaik seluas-luasnya kepada masyarakat Kota Cirebon melalui media sosial dan website.

“Di era yang serba digital ini, Pemda Kota Cirebon ingin informasi yang disampaikan disalurkan mengikuti perkembangan masyarakat. salah satunya dengan menggunakan medsos,” tutup Ma’ruf. (jrl)

Tags :
Kategori :

Terkait