Perhatikan Baik-baik, Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Resmi Dilarang

Jumat 26-11-2021,01:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

JAKARTA – Demi menjaga martabat tempat suci Umat Islam dan tidak mengganggu ibadah jama’ah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi resmi mengeluarkan aturan larangan foto selfie, fotografi dan videografi di Masjidil Haram, Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

“Alasan di balik larangan videografi dan fotografi itu untuk menjamin kehormatan dan martabat tempat-tempat suci tersebut,” kata salah seorang Pejabat Arab Saudi, yang dikutip dari FIN.

Selain itu, pejabat tersebut menambahkan, sebagian besar peziarah membuang waktu mereka untuk mengambil gambar dan video baru kemudian berdoa.

“Ini tidak hanya tidak menghormati tempat tetapi juga mengganggu ibadah orang lain,” lanjutnya.

https://www.youtube.com/watch?v=GWvUY1Pv-7w

Menindaklanjuti aturan tersebut, aparat keamanan setempat akan memastikan bahwa tidak ada yang akan melanggar hukum itu dari ponsel atau kamera, apabila terbukti bersalah akan segera ditangkap oleh otoritas setempat.

Dijelaskan, Makkah dan Madinah adalah pusat keagamaan bagi umat Islam. Orang-orang mendesak untuk pergi ke tempat-tempat ini seumur hidup mereka.

“Ketika orang lain memiliki tujuan impian di Swiss dan Thailand, umat Islam ingin mengunjungi Mekah dan Madinah. Islam berasal dari sana, berkembang di sana, Nabi Muhammad SAW tinggal di sana, dan ratusan peristiwa keagamaan terjadi di sana, ribuan keajaiban hadir di dua kota suci tersebut,” jelasnya. (jun/fin)

2

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait