Bahaya! Ada Varian Omicron, Bisa Lolos dari Antibodi

Sabtu 27-11-2021,08:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - WHO memberi peringatan setelah ditemukannya kasus mutasi covid-19 B.1.1.529 yang diberi nama Varian Omicron dan masuk dalam VOC.

VOC atau varian of concern merupakan daftar yang menjadi perhatian. Adapun mutasi B.1.1.529 pertama kali ditemukan di Afrika Selatan.

\"Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan,\" kata WHO dalam sebuah pernyataan Jumat (26/11/2021) seperti dikutip dari CNBC.

Dari bukti awal yang ditemukan WHO, terdapat kemungkinan lebih besar untuk terjadi infeksi ulang.

WHO, dikhawatirkan peningkatan kasus COVID-19 yang terjadi di Provinsi Gauteng, Afrika Selatan tempat varian Omicron diidentifikasi, menjadi bukti varian berpotensi besar untuk lolos dari antibodi.

Tak hanya itu, WHO juga melaporkan bahwa jumlah kasus dari varian Omicron ini \'tampaknya meningkat\' di hampir semua provinsi di Afrika Selatan.

Dari data yang disajikan saat briefing yang dilakukan pada Kamis (25/11/2021) yang diselenggarakan oleh Departemen Kesehatan Afrika Selatan menunjukkan, beberapa mutasi varian Omicron ini berkaitan dengan peningkatan resistensi antibodi, yang dapat mengurangi perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

2

WHO pun mengatakan pihaknya akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memahami varian Omicron ini.

Mulai dari bagaimana varian tersebut bisa berdampak pada diagnostik, terapi, hingga vaksin Corona yang tersedia saat ini. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait