Takmir Masjid Beberkan Kronologi Mang Oded sebelum Meninggal: Kalimat Terakhirnya Takbiratul Ihram

Jumat 10-12-2021,18:20 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M Danial meninggal dunia saat hendak mengisi khutbah Jumat di Masjid Mujahiddin. Dari kronologi kejadian, diketahui almarhum hendak menunaikan salat sunah.

Ketua Badan Ta\'mir Masjid Raya Mujahidin, Dikdik Dahlan Lukman mengungkapkan, tiap tahun Oded memang dijadwal khutbah di Mujahidin.

“Saya mendapat kabar beliau bersedia mengisi khutbah Jumat hari kemarin, Kamis 9 Desember 2021,” kata Dikdik, dalam pesan tertulis yang diterima radarcirebon.com, Jumat (10/12/2021).

Diungkapkan dia, almarhum sempat ke kantor masjid, tapi tidak lama, karena ingin salat sunah terlebih dahulu.

“Saya salat sunah di samping kanan beliau. Di sebelah kiri beliau juga salat sunah asistennya,” katanya.

Baru saja takbiratul ihram, Dikdik melihat Oded berdirinya tidak stabil, bahkan beberapa kali hendak jatuh.

“Saya dan pak asisten merangkul tubuh beliau dan beberapa saat diistirahatkan di tempat beliau salat sunah sambil menunggu ambulans,” tuturnya.

2

Akhirnya dengan ambulance seadanya almarhum dibawa ke RS Muhammadiyah Bandung.

Sementara salat Jumat di Mujahidin terus berlangsung dng khatib (badal) yang memang sudah disiapkan.

Setelah salat jumat selesai, Didik mengaku, sempat mengumumkan dan meminta jamaah berdoa untuk kesembuhan walikota, dipimpin oleh imam.

“Selesai berdoa untuk kesembuhan beliau, tidak lama saya mendapat konfirmasi dari rombongan pendamping beliau bahwa beliau telah meninggal beberapa saat setelah sampai di RS Muhammadiyah,” ungkapnya.

“Insya Allah beliau husnul khatimah dengan ucapan terakhirnya yang terdengar oleh saya adalah takbiratul ihram,” tukasnya. (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait