Hidup Sehat dengan Melakukan Aktivitas Fisik dan Olahraga

Sabtu 11-12-2021,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

AKTIVITAS fisik dan olahraga merupakan hal yang penting bagi setiap orang. Anak-anak, remaja dan dewasa pada setiap jenjang usia memerlukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik meningkatkan Kesehatan, sehingga kita harus tetap aktif di setiap jenjang usia. Pemahaman mengenai keuntungan dari aktivitas fisik akan membantu kamu memelihara Kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas kehidupan.

  1. Menghemat uang

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit kronis merupakan salah satu penyebab tersering kematian. Adapun pengobatan penyakit kronis menghabiskan biaya yang besar. Sementara beberapa penyakit tidak dapat dicegah, kita masih dapat mengurangi risiko dari penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan diabetes, melalui mengurangi perilaku berisiko, seperti merokok dan memiliki pola hidup yang sehat. Mengambil pilihan hidup yang sehat seperti melakukan aktivitas fisik yang teratur akan menurunkan risiko timbulnya penyakit dan komplikasinya yang memerlukan perawatan medis yang mahal.

  • Meningkatkan angka harapan hidup

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang teratur meningkatkan angka harapan hidup dan menurunkan risiko kematian prematur.

  • Menurunkan risiko terjadinya trauma.

Aktivitas fisik dan olahraga yang teratur meningkatkan kekuatan otot, densitas tulang, fleksibilitas dan stabilitas. Kebugaran fisik dapat menurunkan risiko dan ketahanan terhadap trauma, terutama ketika bertambah usia. Contoh : otot yang lebih kuat dan keseimbangan yang baik akan membantu kita agar tidak mudah terjatuh dan terpeleset, tulang yang lebih kuat juga membantu mencegah terjadinya trauma pada tulang.

  • Meningkatkan kualitas hidup

Kebiasaan duduk terus menerus, kurangnya aktivitas fisik akan meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti kanker, berbagai penyakit kronis, bahkan kesehatan mental. Olahraga membantu meningkatkan Kesehatan mental dan berbagai benefit bagi Kesehatan.

  • Tetap aktif

Hidup yang selalu aktif dan sehat membuat kita dapat melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan kebugaran fisik.

  • Meningkatkan Kesehatan

Aktivitas fisik dan olahraga teratur dapat meningkatkan kemampuan pernafasan, kardiovaskular dan Kesehatan secara menyeluruh. Hidup yang aktif akan membantu mempertahankan berat badan yang ideal, menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung dan menurunkan risiko kanker.

2

Saat ini Kementerian Kesehatan telah mengkampanyekan 7 langkah Gerakan masyarakat hidup sehat  untuk membiasakan pola hidup sehat guna mencegah berbagai masalah Kesehatan yang berisiko yang dialami masyarakat Indonesia. Adapun ketujuh Langkah GERMAS adalah :

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik; baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga. Kemudahan – kemudahan dalam kehidupan sehari – hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Bagian germas aktivitas fisik merupakan salah satu gerakan yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.
  3. Makan Buah dan Sayur

Keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis makanan dan minuman seperti junk food dan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya. Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayurmerupakan contoh GERMAS yang dapat dilakukan oleh siapapun.

Adapun salah satu kampanye GERMAS adalah kampanye makan buah dan sayuryang memberikan informasi betapa besarnya manfaat  dan kenapa harus makan buah dan sayur setiap hari. Karena anda harus memahami pentingnya kenapa harus makan buah dan sayur setiap hari, berikut adalah dampak akibat kurang makan buah dan sayur untuk kesehatan tubuh, contohnya seperti permasalahan BAB, peningkatan risiko penyakit tidak menular, tekan darah tinggi dan lainnya.

Dengan memahami pentingnya perilaku makan buah dan sayur, diharapkan masyarakat dapat dengan lebih aktif untuk meningkatkan kampanye makan buah dan sayur untuk tingkatkan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

  • Tidak Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang banyak memberi dampak buruk bagi kesehatan. Berhenti merokok menjadi bagian penting dari gerakan hidup sehat dan akan berdampak tidak pada diri perokok; tetapi juga bagi orang–orang di sekitarnya. Meminta bantuan ahli melalui hipnosis atau metode bantuan berhenti merokok yang lain dapat menjadi alternatif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

  • Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol memiliki efek buruk yang serupa dengan merokok; baik itu efek buruk bagi kesehatan hingga efek sosial pada orang – orang di sekitarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait