Menteri Perindustrian: Optimistis Manufaktur Tumbuh 5 Persen Tahun ini

Selasa 04-01-2022,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

AKTIVITAS sektor industri manufaktur menggeliat hingga tutup tahun 2021. Sejalan dengan meningkatnya produksi dan permintaan pasar ekspor. Hal itu tecermin dari capaian purchasing managers’ index (PMI) manufaktur Indonesia. Merujuk survei IHS Markit pada Desember, tercatat 53,5 atau masih di atas level ekspansif (50).

“Kami mengapresiasi kepercayaan para pelaku industri manufaktur yang masih tinggi. Bahkan, mereka tetap optimistis pada tahun ini seiring dengan tekad pemerintah dalam menjalankan berbagai kebijakan strategis untuk meciptakan iklim usaha yang kondusif,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta Senin (3/1).

Agus menyampaikan, pihaknya fokus memacu hilirisasi industri untuk meningkatkan nilai tambah sumber daya alam di dalam negeri. Upaya itu telah memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional. Serta, konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

Pada Januari hingga November 2021, nilai ekspornya mencapai USD 160 miliar atau 76,51 persen dari total ekspor nasional. Angka itu telah melampaui capaian ekspor manufaktur sepanjang 2020 sebesar USD 131 miliar dan bahkan lebih tinggi dari capaian ekspor pada 2019.

Menperin menargetkan pertumbuhan industri manufaktur sebesar 4,5–5 persen tahun ini. Economics Associate Director IHS Markit Jingyi Pan menambahkan, keseluruhan sentimen bertahan sangat positif dengan tingkat kepercayaan diri bisnis di atas rata-rata jangka panjang. Hal itu menunjukkan bahwa manufaktur Indonesia masih optimistis terhadap pertumbuhan produksi berkelanjutan selama periode 2022.

Ketua Kebijakan Publik Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sutrisno Iwantono mengatakan, penurunan indeks manufaktur di Desember dibanding November, 53,9, masih terbilang aman. Penurunan tersebut juga terjadi karena hambatan pasokan bahan baku, kendala ekspor karena kelangkaan kontainer.

“Harapannya, tahun 2022 ini industri manufaktur akan lebih baik, dengan harapan varian Omicron Covid-19 terkendali,” ujarnya.(jp)

2

BACA JUGA:

·  Terekam CCTV, Detik-detik Bentrok Geng Motor di Babakan, Bawa Arit sampai Celurit

·  Hampir 2 Tahun Deny Siregar Dilaporkan ke Polisi, Habib Bahar 2 Minggu Langsung Ditahan

·  Kota Cirebon Naik ke PPKM Level 2, Ternyata Ini Penyebabnya

Tags :
Kategori :

Terkait