Dinkes Bandung Pastikan Vaksin Booster Tersedia Di Puskesmas

Kamis 13-01-2022,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 Booster di wilayahnya. Secara terpusat, vaksinasi Booster hari ini, Kamis (13/1) dilakukan di Pusdai Jawa Barat.

Begitu disampaikan Kepala Dinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.

\"Kalau yang di Pusdai ada 300. Nah sebagai gambaran hari ini kita memulai mencoba massal di Pusdai jam 12 sampai 15 bekerja sama dengan Yayasan Telkom,\" kata Ahyani saat dihubungi.

Ahyani mengungkapkan, vaksinasi Booster tidak hanya disediakan terpusat. Bagi masyarakat yang akan mau mendapatkan vaksinasi Booster dapat mendaftarkan dirinya di fasilitas kesehatan terdekat.

\"Di puskesmas sudah ada, yang pasti 80 puskesmas plus 3 rumah sakit daerah, untuk klinik- klinik milik pemerintah lain seperti RSHS, Cicendo, Rotinsulu, Sartika Asih, Salamun, dan semuanya itupun sudah siap,\" ungkap Ahyani. 

Ahyani menambahkan, ada beberapa syarat bagi masyarakat yang mau mendapatkan vaksinasi Booster. Selain itu, vaksinasi Booster ini juga diprioritaskan bagi Lansia dan kelompok Rentan.

\"Kriteria untuk booster ke satu usianya di atas 18 tahun. Kedua sudah lebih dari 6 bulan dari dosis kedua atau dosis lengkap. Kemudian ini nih yang ketiga perlu diperhatikan sudah memiliki tiket vaksin booster yang dicek melalui aplikasi peduli lindungi jadi itu menjadi syarat. Pemerintah memprioritaskan dahulu kepada lansia dan kelompok yang dianggap rentan,\" tambahnya.

2

Dinkes Kota Bandung menarget sebanyak 294.334 dosis vaksin Booster pada Januari 2022.

\"Ya jadi sebagai gambarannya sasaran yang sudah 6 bulan lewat di Januari itu kalau totalnya sekitar 294.334,\" tandasnya. (rmol)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait