Berusia 100 Tahun, Bendungan Cikeusik Baru Saja Selesai Direhabilitasi

Kamis 17-02-2022,20:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

CIREBON - Kehadiran Bendung Cikeusik di Kabupaten Kuningan, memiliki peran penting untuk sektor pertanian sejak zaman kolonial Belanda.

Bendung Cikeusik sendiri saat ini telah berusia lebih dari 100 tahun. Oleh karenanya, pemerintah melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis) telah rampung melakukan rehabilitasi untuk mengembalikan kemampuan layanan pengairan daerah irigasi agar turut meningkatkan kesejahteraan petani di Kuningan dan Cirebon.

Baca juga: Tinggi Muka Air Bendung Cikeusik Naik Terus, Status Siaga

Ismail Widardi selaku Kepala BBWS Cimancis kepada radarcirebon.com mengatakan, Bendung Cikeusik merupakan salah satu bendung tertua di Indonesia yang dibangun Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1890.

\"Bendungan ini melengkapi daerah irigasi Cikeusik yang telah beroperasi beberapa tahun sebelumnya pada 1884,” katanya saat menggelar Open Mic Cimancis bersama sejumlah wartawan Cirebon, pada Kamis (17/2/2022).

“Dengan usia lebih dari 100 tahun tentu banyak terjadi kerusakan pada tubuh bendung maupun saluran irigasinya. Kegiatan rehabilitasi besar satu-satunya yang pernah dilakukan pada tahun 1979 lalu,\" imbuhnya.

Tags :
Kategori :

Terkait