Thailand Siap Ubah Status Pandemi Covid-19 Menjadi Endemik pada Juni 2022

Sabtu 26-02-2022,20:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com-Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand saat ini tengah mempersiapkan perubahan status Covid-19 dari pandemi menjadi endemik dalam waktu empat bulan ke depan, atau tepatnya Juni 2022.

\"Meskipun infeksi paru-paru meningkat, angka-angka ini juga secara proporsional lebih rendah dibandingkan dengan beban kasus sebelumnya,\" tambahnya.

\"Tingkat kematian dalam gelombang Omicron saat ini secara signifikan lebih rendah daripada selama wabah sebelumnya,\" kata Kiattiphum Wongrajit, sekretaris tetap untuk kesehatan masyarakat Thailand, seperti dikutip dari Bangkok Post, Jumat (25/2).

Juru bicara Kementerian Kesehatan Masyarakat Rungruang Kitpati mengatakan kematian yang terjadi saat ini 10 kali lebih rendah, dan penelitian menunjukkan itu akan kembali berkurang jika 60 -70 persen orang lanjut usia mendapatkan suntikan ketiga.

BACA JUGA:

Kiattiphum mengatakan kementerian akan segera mengadakan konferensi pers untuk menguraikan rencana manajemennya untuk transisi ke pengelolaan penyakit endemik.

Pada awal Januari, kementerian mengatakan akan menurunkan Covid-19 menjadi penyakit endemik tahun ini, sebab mereka menilai gelombang saat ini menunjukkan gejala ringan dan lebih banyak orang menerima vaksin.(jp)

2

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait