Anak adalah Harta yang Paling Berharga, Jaga dan Didik dengan Baik

Jumat 08-04-2022,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Kenyamanan dan kehangatan keluarga tidak bisa digantikan dengan apapun. Begitupun dengan anak adalah harta yang paling berharga.

Anak adalah aset yang harus dijaga dengan sepenuh hati dengan sepenuh jiwa, agar aset yang paling berharga bagi orang tua adalah anak.

Harta yang paling berharga bagi orangtua adalah anak, untuk itu jaga dan didik mereka dengan memberi contoh yang terbaik untuk anak.

Anak adalah titipan sang ilahi yang harus dijaga dan disayang sampai akhir waktu usia manusia. Seseorang yang berprofesi sebagai orang tua harus bisa membimbing anaknya sampai mereka tumbuh dewasa dan membimbing mereka untuk menggapai cita–citanya agar tercipta masa depan yang cerah. Ada istilah mengatakan, bahagia anak adalah bahagia orang tua.

BACA JUGA:

Banyak orang tua yang mengalami kesulitan memahami perilaku anak–anaknya yang sering kali sulit untuk dimengerti dan yang tidak masuk akal. Seringkali orang tua dibuat pusing dengan anak yang susah diatur dan melawan perkataan orang tua.

Banyak faktor–faktor yang menyebabkan si anak menjadi super nakal di antaranya faktor lingkungan sekolah maupun rumah. Orang tua harus mampu menjaga dan selalu ada untuk sang anak, dengan siapakah mereka bergaul, apa kegiatan yang mereka lakukan, dan lain sebagainya.

2

Untuk memahami anak dan membantu perkembangan fisik, intelektual, sosial, dan emosional mereka, orang tua harus memiliki pengetahuan tentang perilaku manusia sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat mengenai anak-anak mereka dan dapat berperilaku dengan cara–cara yang dirancang untuk menstimulasi perkembangan anak–anaknya. Yang terpenting untuk perkembangan anak, carilah lingkungan rumah dan sekolah yang nyaman dan ramah agar dapat tercipta anak dengan perilaku yang baik dan santun.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait