Syekh Siti Jenar Keturunan Nabi Muhammad SAW, Begini Silsilahnya

Sabtu 18-06-2022,05:45 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com, CIREBON - Syekh Siti jenar keturunan Nabi Muhammad SAW, dari jalur Fatimah dan Ali bin Abi Thalib. Namun, legenda kerap menyebutnya berasal dari cacing.

Syekh Siti Jenar dipercaya masih keturunan Nabi Muhammad SAW yang lahir di Persia tahun 1404 M. Ayahnya adalah Sayyid Shalih.

Sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW, Syekh Siti Jenar sejak kecil sudah hafal Alquran. Bahkan di usianya yang baru menginjak 12 tahun.

Kemudian memasuki usia 17 tahun, bersama sang ayah berdagang di Malaka. Di sinilah sang ayah diangkat menjadi mufti oleh Kesultanan Malaka.

Baca juga:

Syekh Siti Jenar juga merupakan sepupu dari Sayyid Kahfi bin Sayyid Ahmad. Ketika terjadi pergantian mufti di Kesultanan Malaka, bersama ayahnya pindah ke Cirebon.

Sayyid Kahfi ketika itu sudah menjadi penasehat keagamaan di Cirebon. Karenanya, Syekh Siti Jenar sempat belajar kepada Sunan Ampel juga Sunan Gunung Jati.

2

Siti Jenar sendiri merupakan nama yang berarti Tanah Merah. Karenanya, ada juga sebutan atau penamaan Lemahabang. Yang juga berarti sama.

Berlanjut di halaman berikutnya...

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait