Hari Ini Hilal Belum Terlihat di Jakarta Menurut Lembaga Falakiyah PWNU DKI

Kamis 20-04-2023,18:30 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Hilal belum terlihat pada hari ini, Kamis 20 April 2023. Hal ini disampaikan oleh Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta.

Ketua Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta, Abdul Khaliq Soleh mengatakan bahwa berdasarkan data hisab yang sudah dilakukannya, kemungkinan besar hilal tidak akan terlihat.

BACA JUGA:123 Lokasi Pantauan Hilal Kemenag RI Hari Ini, Salah Satunya di Cirebon

Kendati demikian, pihaknya akan tetap ikhtiar dan tetap menjalankannya sebagai perintah Rasul.

"Kemungkinan besar dari data hisab yang kami miliki, kemungkinan besar tidak terlihat," kata Abdul Khaliq Sholeh kepada media di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat.

"Namun sebagai hamba Allah kita tetap berikhtiyar, lita'abuddi, semata-mata melaksanakan perintah Rasul," lanjutnya.

BACA JUGA:Live Streaming Sidang Isbat Lebaran 2023 Menentukan 1 Syawal 1444 H, Berikut Linknya

Adapun dalam pelaksanaan rukyatulhilal-nya sendiri, kata Abdul kholiq, nantinya akan dilakukan sumpah sebagai bentuk tanggungjawab atas pernyataannya terkait hasil hilal tersebut.

"Jika kami melihat, kami disumpah. Kalau tidak melihat berarti tidak disumpah," kata Abdul Kholiq Sholeh.

"Seandainya melihat dimana rasa tanggungjawab dia itu melihat hilalnya, maka ditentukan berani tidaknya untuk disumpah," sambungnya.

BACA JUGA:Foto Wajah Bang Jago Cimahi Tersebar dan Makin Viral, Senggolan Lalu Pukul Pengendara Motor Hingga Kejang

Sebagai informasi, pemantauan hilalnya sendiri akan dilakukan pada pukul 17.51 WIB dan akan dilakukan selama 8 menit kedepan, tepatnya sampai 17.59 WIB.

"Kalau seandainya 17.59 WIB ternyata tidak telihat, ya sudah kami tutup dan kami laporkan ke Kemenag sebagai bahan bahwasanya rukyatulhilal tidak terlihat kalau jam itu tidak terlihat," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam menentukan rukyatulhilal nanti, Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta akan menggunakan dua teleskop robotik.

BACA JUGA:Ngabuburit Seru di J&J Kuningan, Gratis Interaksi Langsung dengan Penghuni Mini Zoo

Tidak hanya itu, tambah Abdul Khaliq Sholeh, pihaknya juga akan menggunakan alat lainnya, yaitu semi manual teodolite dna kemudian menggunakan alat manual rubbu.

Adapun berdasarkan data hisab yang sudah dilakukan oleh Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta itu mencatat sudah mencapai satu setengah derajat.

Sedangkan, berdasarkan MABIMS Imkan Rukyat disebutkan bahwa rukyat sendiri ada pada ketinggian 3 derajat.

BACA JUGA:Bang Jago Beraksi di Cimahi, Pengendara Motor Dipukuli Sampai Kejang-kejang

"Perlu dicatat juga kondisi sore ini, data hilal yang kami punya ada dikisaran satu setengah derajat," kata Abdul Khaliq Sholeh.

"Ketentuan MABIMS Imkan Rukyat sesuatu yang bisa dirukyat itu ada di ketinggian 3 derajat. Jadi hari ini suasananya di bawah Imkan Rukyat, sesuatu yang mungkin di-rukyat," pungkasnya. (jun)

 

Kategori :