ASN Aktif Bakal Bersaing di Musorkab KONI

Jumat 26-05-2023,15:30 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM ikut mewarnai Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Kabupaten Cirebon.

Ia menjadi satu-satunya ASN aktif yang maju sebagai kandidat calon ketua KONI dari ASN.

Ia pun telah mengantongi Surat persetujuan pimpinan, yakni Bupati Cirebon. Pengamat kebijakan publik Kabupaten Cirebon, Aceng Sudarman SH mengapresiasi panitia yang telah mempersiapkan pelaksanaan Musorkab KONI.

Siapapun yang terpilih itu adalah keputusan terbaik dari para cabang olahraga demi kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Cirebon.

"Namun, perlu saya ingatkan bahwa, dalam pemilihan ketua KONI melalui Musorkab itu para cabor harus objektif memilih pemimpin dimasa yang akan datang. Sebab, memiliki tanggungjawab yang besar," kata Aceng, kepada Radar, Jum'at (26/5).

Bukan hanya persoalan prestasi yang harus diraih. Tapi, bagaimana memanagement organisasi dan mengelola uang miliaran di dalam KONI.

"Jangan bicara anggaran KONI besar kecilnya. Sebab, anggaran besar ketika tidak sebanding dengan uang APBD yang dikeluarkan pemerintah untuk KONI akan sia-sia," kata Aceng.

Artinya, ada dua hal yang harus diperhatikan bagi calon ketua KONI, yakni mengerti soal olahraga, dan  berpengalaman dalam managerial organisasi.

"Kalau terpilih prestasinya tidak ada, percuma. Maka, harus dilihat lah calon ketua KONI itu mempunyai track record seperti apa?," ungkapnya.

"Siapa yang pantes ? Tentunya, yang lebih dewasa, profesional dan sudah teruji serta sudah lama menjadi ketua cabor. Yang mengetahui seluk beluk nya KONI," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu juga Aceng menyampaikan, anggaran KONI tahun lalu sebesar Rp8 miliar itu perlu di audit. Seperti apa pengelolaan anggarannya.

Sebab itu, anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Cirebon. Yang sejatinya yang rakyat.

Sementara itu, Kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Drs H Asdullah MM mengatakan, bahwa Kabupaten Cirebon memiliki potensi yang besar khususnya dalam bidang olahraga.

"Saya sudah 10 tahun menjadi ketua PASI bahkan saat ini sudah tercatat sebagai atlet nasional dari Kabupaten Cirebon, dan sempat menjuarai turnamen internasional," ujar Asdullah.

Ia mengaku, tujuan dirinya mendaftarkan diri sebagai ketua KONI lantaran berkeinginan untuk memajukan olahraga di Kabupaten Cirebon yang lebih baik lagi.

Karena potensi olahraga khususnya di Kabupaten Cirebon ini sangat besar sekali.

"Tinggal bagaimana cara menagerial agar olahraga di Kabupaten Cirebon bisa lebih memberikan prestasi yang lebih baik lagi dari sebelumnya," pungkasnya. (sam)

Kategori :