Damkar Himmbau Pencegahan Bahaya Kebakaran

Selasa 25-07-2023,20:00 WIB
Reporter : Apridista S Ramdhani
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Masih berlangsungnya musim kemarau disertai angin kencang membuat tingginya potensi kebakaram di permukiman dan lahan meningkat.

BACA JUGA:Geger Buaya Sepanjang Hampir 3 Meter di Pasindangan Cirebon Makan Kucing, Diamankan BKSDA

Apalagi saat ini intensitas curah hujan masih kurang. Untuk itu, dalam upaya pencegahan bahaya kebakaran, pemerintah melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cirebon menghimbau beberapa hal pencegahan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cirebon, Drs Adam Nuridin MM melalui Kabid Pengendalian Pemadaman dan Penyelamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Luthfy menuturkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghindari terjadinya kebakaran saat musim kemarau saat ini.

Beberapa diantaranya seperti melakukan pembukaan lahan atau pembersihan area dengan cara dibakar, tidak diperkenankan membakar sampah di area lahan kosong dan dekat dengan kawasan permukiman.

Kemudian, membuang sampah sembarangan yang mengandung material mudah terbakar seperti produk dengan gas pendorong, korek gas, puntung rokok, minyak bekas dan barang mudah terbakar lainnya.

BACA JUGA:Upaya Pemprov Jabar Selesaikan Masalah Al-Zaytun Sesuai Kewenangan

2

Penggunaan kompor perapian dan gas rumah tangga juga tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi menyala dan memiliki ventilasi udara yang cukup.

Kemudian penggunaan kompor gas dan kelengkapannya harus dipastikan dalam keadaan layak sesuai SNI dan dilakukan pengecekan secara rutin.

"Penting sekali untuk melakukan pengecekan kelayakan instalasi listrik rumah, tidak menumpuk penggunaan steker dan bijak dalam pemakaian daya listrik pada musim kemarau seperti sekarang," terangnya.

Pihaknya juga turut menghimbau perangkat RT dan RW agar berkoordinasi dengan Satlinmas setempat untuk melakukan pengawasan terhadap lingkungan sekitarnya terhadap potensi terjadinya bahaya kebakaran.

BACA JUGA:Al Zaytun seperti Bangun Kibbutz di Israel, Connie Rahakundini Bilang Begitu, Bakal Lapor ke Menhan

Segera melaporkan jika terjadi kebakaran ke Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Cirebon.

Baik melalui Mako Damkarmat Bima nomor telepon (0231) 484113, Posko Damkarmat Harjamukti nomer telepon (0231) 8808889, Pesan whatsapp ke nomor 0851 6148 4113, atau Command Center 112 yang terintegrasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Cirebon.

"Diharapkan himbauan ini bisa dicermati oleh para Camat, Lurah dan Masyarakat Kota Cirebon," tukasnya. (apr)

Kategori :