Tanam 654 Pohon, PT KAI Daops 3 Cirebon Hijaukan Kota Cirebon

Jumat 11-08-2023,09:45 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Memperingati Hari Ulang Tahun Kota Cirebon yang Ke-654, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon melalui Program KAI Go Green sebagai bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melakukan penanaman pohon sebanyak 654 batang.

Penanaman pohon tersebut berlangsung di lingkungan Stasiun Prujakan Kota Cirebon, Jumat (11/08).

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo didampingi Manajer Humas Ayep Hanapi kepada radarcirebon.com mengungkapkan, program penanaman ratusan poho tersebut bertujuan mewujudkan lingkungan yang bersih dan menangkal polusi udara sekaligus mendukung program pemerintah dalam gerakan tanam satu juta pohon.

“Penanaman pohon ini merupakan salah satu program strategis perusahaan yang sesuai dengan PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan keberlanjutan ekosistem daratan,”ungkapnya.

BACA JUGA:SPS Desak Pengesahan Perpres Publisher Rights untuk Kesetaraan Media dan Platform Digital

BACA JUGA:Lewat Perda Terbaru, Pemerintah Kabupaten Cirebon Jamin Kemudahan Izin Usaha

Didiek menyebutkan, tahun 2023 KAI terus melakukan gerakan penanaman pohon yang menunjukkan bahwa KAI tidak hanya mencari keuntungan melalui operasional kereta api, tetapi juga menaruh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang dilaluinya.

"Adapun total pohon yang ditanam sebanyak 654 pohon, dengan jenis Trembesi, Ketapang Kencana, Tabebuya, Klengkeng, Alpuket, Glodokan dan Mangga, yang nantinya juga akan dialokasikan ke seluruh Kota Cirebon,"sebutnya.

Menurut Didiek, Gerakan Penanaman Satu Juta Pohon Untuk Indonesia ini akan terus disosialisasikan pada seluruh insan KAI agar tidak berhenti sebagai satu simbol, tetapi sekaligus membangun kesadaran mengenai lingkungan.

"Langkah penghijauan di stasiun juga dilakukan dengan pembuatan taman-taman di area stasiun yang merupakan bagian dari peningkatan pelayanan kepada para pelanggan. Dengan semakin banyak stasiun yang hijau, maka pelanggan akan merasa nyaman saat akan menggunakan layanan kereta api. Lingkungan yang asri juga akan menyejukkan dan indah dari sudut estetika,"ujarnya.

BACA JUGA:Keras Nih! PM Malaysia: ASEAN Bukan Hanya Sekedar Pion Negara Adidaya, Tapi...

BACA JUGA:Level Malu Anthony Sinisuka Ginting Separah Itu, Hanya Sosok Ini yang Berhasil Mengubah Mentalnya

Sementara itu, Vice President PT  KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana mengatakan, dukungan KAI pada program KAI Go Green ini sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo pada konferensi G20 bahwa Indonesia berkontribusi dalam menangani perubahan iklim dan mengelola lingkungan secara berkelanjutan.

“Penanaman pohon akan memberikan banyak nilai positif seperti menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, dapat menyerap polusi udara, sekaligus membantu pencapaian target emisi 0 pada tahun 2060. Upaya mendukung pelestarian lingkungan dengan menanam pohon ini semoga saja bisa terus dilaksanakan. Tidak hanya KAI, tetapi oleh berbagai pihak yang konsen terhadap lingkungan untuk berpartisipasi menjaga bumi,”katanya.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Vice President Daop 3 Cirebon Dicky Eka Priandana, beserta jajaran Daop 3 Cirebon, Sultan Keraton Kacirebonan Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Ghani Natadiningrat, Kadishub Kota Cirebon Andi Armawan, Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon Prabu Diaz, dan pejabat lainnya dari TNI dan Polri serta instansi lainnya. (rdh)

BACA JUGA:Hari Ini Dittipideksus Bareskrim Polri Periksa 3 dari 5 Saksi Kasus TPPU Panji Gumilang

BACA JUGA:Tidak Dimatikan, Bandara Husein Sastranegara dan Kertajati Akan Saling Dukung

Kategori :