6 Cara Menghilangkan Bau Rambut Anda dengan Mudah di Rumah

Jumat 12-01-2024,05:54 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

RADARCIREBON.COM  Beragam cara menghilangkan bau rambut bisa kamu terapkan dengan mudah di rumah. Bila dilakukan dengan tepat, rambut akan lebih wangi dan tampak lebih sehat dari sebelumnya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi bau rambut yang tidak sedap akan mengganggu keseharianmu.

Bau rambut biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal, polusi, keringat atau minyak berlebih, ketombe, infeksi jamur, dan pola makan tertentu. Jadi, kondisi ini belum tentu menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang serius, ya.

Meski begitu, tidak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan bau rambut karena membuat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Apalagi, bau rambut juga biasanya disertai rambut lepek atau berketombe. Tentunya, hal ini bisa semakin membuat orang yang mengalaminya jadi insecure, ya.

Beberapa Cara Menghilangkan Bau Rambut

Selain mengurangi rasa percaya diri, bau rambut juga berisiko menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang-orang di sekitar. Untungnya, kondisi ini masih bisa diatasi sendiri di rumah.

Nah, agar bau rambut berkurang, kamu bisa menerapkan beberapa cara menghilangkan bau rambut berikut ini:

1. Menggunakan minyak rambut

2

Minyak rambut bisa digunakan untuk memelihara kesehatan rambut dan mengatasi berbagai masalah rambut, mulai dari bau rambut hingga rambut rontok. Selain itu, minyak ini juga bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di kulit kepala, sehingga jamur dan ketombe pun berkurang.

Nah, beberapa jenis minyak untuk mengatasi bau rambut adalah minyak kelapa, minyak kemiri, minyak zaitun, dan tea tree oil.

2. Keramas menggunakan sampo secara rutin

Salah satu cara menghilangkan bau rambut adalah menjaga kebersihan rambut. Caranya adalah dengan keramas secara rutin 2 kali sehari.

Cara ini mampu membersihkan rambut dari debu, asap, polusi, dan minyak atau keringat berlebih sehingga masalah rambut bau dan berketombe pun bisa teratasi.

Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah sampo yang mengandung coal tar, ketoconazole, asam salisilat dan sulfur, selenium sulfida, atau zinc pyrithione. Sampo dengan kandungan ini bisa mengurangi ketombe dan bau rambut.

3. Memakai aloe vera

Setelah keramas menggunakan sampo khusus, kamu bisa memanfaatkan aloe vera atau tanaman lidah buaya sebagai masker rambut untuk mengatasi bau rambut.

Kategori :