6 Cara Non Medis Dengan Menggunakan Metode Tradisional Bisa Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Selasa 23-01-2024,22:23 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

3. Memijat wajah dan kepala bayi dengan lembut

Memijat wajah dan kepalanya juga merupakan salah satu cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa Bunda lakukan.

Pijatlah dengan lembut daerah sekitar tulang hidung, alis, tulang pipi, garis rambut, dan kepala bagian bawah Si Kecil.

Selain meredakan hidung tersumbat, memijat wajah dan kepala Si Kecil juga mampu membuatnya menjadi lebih rileks.

BACA JUGA:Kenali Gejala Depresi Musiman, Ternyata Berpotensi Menyerang di Indonesia

4. Menyedot lendir dari hidung bayi

Menyedot lendir dari hidung bayi adalah cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang paling mudah. Cara ini juga sudah dipraktikkan secara turun-temurun.

Bunda mungkin terbiasa menyedot lendir dari hidung bayi menggunakan mulut. Namun, cara itu kurang higienis dan bisa membuat bakteri dari mulut Bunda masuk ke rongga hidung Si Kecil. Lebih baik gunakanlah alat khusus bernama bulb syringe untuk menyedot lendir dari hidung bayi.

2

Untuk menggunakannya, pencet ujung bulb syringe yang berbentuk seperti bola kemudian masukkan ujung satunya yang lancip ke hidung bayi.

Setelah itu, lepaskan tekanan pada bola bulb syringe. Lendir yang menyumbat hidung Si Kecil pun akan tersedot ke dalam alat ini.

5. Memberi air lemon dan madu

Lemon dan madu sudah terbukti secara turun-temurun mampu mengatasi gejala flu, termasuk hidung tersumbat pada bayi. Lemon mengandung vitamin C yang dapat mempercepat penyembuhan flu. Sementara itu, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu penyembuhan flu dan pilek.

Sebagai cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi, berilah Si Kecil segelas air hangat yang sudah dicampur ½ sendok teh madu dan perasan air lemon.

Namun, minuman tersebut hanya boleh diberikan kepada Si Kecil sudah berusia lebih dari 1 tahun, ya, Bun. Madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi yang berusia di bawah 1 tahun karena dapat meningkatkan risiko terjadinya botulisme.

6. Mencuci hidung bayi dengan air garam steril (saline)

Mencuci hidung bayi dengan air garam atau cairan saline juga merupakan cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang ampuh. Cara tersebut dapat mengeluarkan bakteri serta lendir yang menumpuk di rongga hidung Si Kecil.

Kategori :