RADARCIREBON.COM - Untuk menyalakan mesin, sepeda motor umumnya dilengkapi dengan dua jenis starter. Salah satunya adalah starter elektrik yang menggunakan energi listrik untuk memutar poros engkol. Yang lainnya adalah model kick starter, di mana mesin harus dinyalakan dengan memberikan energi eksternal melalui tekanan kaki pengendara untuk memutar poros engkol.
Kick starter memiliki beragam jenis sesuai dengan model sepeda motornya, dan masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menggerakkan dan menyalakannya. Diantaranya :
Jurus Starter Motor Matic
Kick starter pada sepeda motor matic berada di sebelah kiri, tepatnya di luar cover CVT. Meskipun terbilang cukup ribet untuk digunakan, beberapa model motor matic telah beralih dari penggunaan kick starter.
Untuk menyalakan sepeda motor matic dengan kick starter, langkah-langkahnya mirip dengan motor konvensional. Pertama, turunkan standar tengah. Kemudian, pastikan samping standar sudah dimasukkan dan putar kunci kontak ke posisi aktif.
BACA JUGA: Ada 2 Tantangan Perempuan Parlemen, Bey Machmudin: Stunting dan Perlindungan Pekerja Migran
Gunakan kaki kanan untuk menekan pedal kick starter, tangan kanan untuk memutar throttle atau menekan handle gas, dan tangan kiri untuk menekan tuas rem. Tekan kick starter sekali, dan jika tidak ada kendala seperti kehabisan bahan bakar atau kerusakan pada bagian kelistrikan, sepeda motor akan menyala.
Kick starter pada sepeda motor matic berguna saat baterai drop. Namun, karena jarang digunakan, kick starter harus diperiksa dan dirawat secara rutin.
Kick Starter Motor Cub/Bebek
Kick starter pada sepeda motor bebek terletak di sebelah kanan, tepat di samping crankcase mesin bagian kanan. Karena menggunakan sistem perpindahan gigi rotari, untuk menggunakan kick starter pada sepeda motor bebek, pengendara harus memastikan gigi perseneling berada pada posisi netral (N).
Dikarenakan menggunakan sistem transmisi dengan kopling semi otomatis, kick starter pada sepeda motor bebek umumnya lebih mudah dan praktis karena tidak perlu menekan tuas kopling saat menggerakkan perseneling.
BACA JUGA: Tiga Kios Semi Permanen di Sumber Terbakar
Tendangan Starter Motor Sport
Jika tidak ada kendala pada kopling dan mesin dalam kondisi baik, kick starter pada sepeda motor akan bekerja optimal. Mekanisme penggunaannya mirip dengan sepeda motor bebek, dengan posisi yang sama di sebelah kanan crankcase mesin.
Perbedaannya terletak pada perpindahan sistem gigi. Sepeda motor sport biasanya menggunakan kopling dengan transmisi manual yang memiliki pola gigi 1-N-2-3-4-5-6. Untuk menyalakan mesin, perseneling juga harus dalam posisi N atau Netral, agar mesin sepeda motor menyala dengan baik tanpa merusak komponen seperti kopling dan gigi transmisi.