Himatik IPB Cirebon Gelar Seminar Optimalisasi Canva sebagai Media Pembelajaran

Selasa 21-05-2024,11:30 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

RADARCIREBON.COM - Pendidikan di era digital seperti saat ini, mengharuskan para tenaga pendidik untuk menggunakan teknologi digital dalam menyampaikan materi kepada para siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran akan sangat membantu siswa dalam menyerap setiap pelajaran yang diberikan oleh guru-guru mereka.

Nah, agar tak tertinggal oleh perkembangan zaman, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (Himatik) IPB Cirebon menggelar seminar Optimalisasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi, Sabtu (18/5/2024). Kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Himatik IPB Cirebon dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kota dan Kabupaten Cirebon.

Ketua Pelaksana seminar, Slamet Wiworo Jati menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar untuk membekali para mahasiswa keterampilan menggunakan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, terutama dari mahasiswa Prodi PTIK IPB Cirebon.

Adapun yang menjadi pemateri adalah Jakariya, dari RTIK Kota Cirebon dan M Mahrus dari TIK Kabupaten Cirebon. "Alhamdulillah, antusias para peserta  sangat bagus, karena memang keterampilan ini sangat penting, bukan hanya untuk desain," ungkapnya.

BACA JUGA:Bobotoh, Simak Kata-kata Marc Klok Berikut Ini Agar Tetap Membumi Sebelum Persib Angkat Piala

Selain untuk media pembelajaran, ini juga sangat bermanfaat untuk " katanya.

Salah seorang pemateri, M Mahrus mengatakan bahwa saat ini aplikasi Canva dapat menggantikan sejumlah aplikasi yang selama ini digunakan. Aplikasi ini mengintegrasikan sejumlah kemampuan, seperti membuat desain, presentasi, edit foto dan video dan kebutuhan berbasis digital lainnya.

"Mahasiswa harus melek Iptek dan harus bisa memanfaatkan aplikasi seperti Canva untuk menunjang beragam kegiatan," ungkapnya.

Diketahui, dengan menggunakan aplikasi Canva, mahasiswa PTIK IPB Cirebon juga dapat mengasah kreativitas dan memaksimalkan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, penggunaan aplikasi Canva juga bisa mendorong hasil belajar yang lebih baik dengan bahan ajar yang menarik.

BACA JUGA:4 Bacabup Daftar ke PKB Majalengka, Ada Pengusaha, Pensiunan, Kepala Desa hingga Sekda

"Jangan bosan untuk terus mengupdate diri berkaitan dengan teknologi informasi, karena perkembangan yang sangat cepat. Kita juga harus bisa memanfaatkan media Canva ini untuk mengeksplor lebih dalam untuk media pembelajaran," ujar Jakariya. (awr/opl)

Kategori :