Rumah Literasi Edelweis di Kanoman Utara Terima Bantuan Perlengkapan Sekolah dari Rumah Zakat

Minggu 07-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RAFARCIREBON.COM - Rumah Literasi Edelweis yang berada di RW 10 Kanoman Utara, Kelurahan Pekalipan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon kembali memperoleh bantuan dari para donatur. Kali ini, Rumah Zakat Cirebon membagikan sedikitnya, 87 paket perlengkapan sekolah kepada anak didik Rumah Literasi Edelweis.

Penyerahan bantuan tersebut dilambangkan oleh Ketua Program Rumah Zakat Cirebon, Lisaidah kepada Pengelola Rumah Literasi Edelweis, Yeti, Lurah Pekalipan, Mimin Minarsih dan Ketua RW 10 Kanoman Utara, Nuradi, Jumat (5/7/2024). Dari yang ketiga, kemudian diberikan kepada anak didik Rumah Literasi Edelweis.

Pengelola Rumah Literasi Edelweis, Yeti mengaku sangat senang dan bersyukur atas bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk anak didiknya. Terlebih lagi, saat ini mereka juga tengah mengadapi ajaran tahun baru di sekolah.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur. Selama ini Rumah Zakat konsisten memberikan dukungan kepada Rumah Literasi dan Bank Sampah Edelweis," kata Yeti.

BACA JUGA:Di Upacara Hari Jadi Cirebon, Gusmul Singgung Soal Kepemimpinan

Menurut Yeti, Rumah Literasi Edelweis telah berdiri sejak tahun 2021 lalu. Rumah Literasi Edelweis berdiri di atas lahan kosong yang berada di tengah-tengah kampung sebagai wadah untuk kegiatan belajar sekaligus bermain untuk anak-anak di Kanoman Utara.

"Mendirikan Rumah Literasi ini adalah untuk mencerdaskan anak bangsa dan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak. Alhamdulillah, dengan adanya Rumah Literasi ini anak-anak juga merasa terbantu. Misalnya untuk tempat belajar dan bermain atau untuk mengerjakan PR-nya bisa di sini," ungkap Yeti.

2

Sementara itu Program Leader Rumah Zakat Cirebon, Lisaidah menjelaskan bahwa penyaluran bantuan berupa perlengkapan sekolah itu berasal dari donatur untuk peningkatan literasi. Di Kota Cirebon, ada lebih dari 100 paket yang disalurkan dengan 87 diantaranya untuk anak didik di Rumah Literasi Edelweis.

"Di Rumah Zakat ada 4 program utama, salah satunya adalah pengembangan pendidikan. Selain menyalurkan bantuan perlengkapan sekolah, dalam program pendidikan, kami juga ada program beasiswa untuk anak-anak yatim dan dhuafa," jelasnya. 

Lurah Pekalipan, Mimin Minarsih menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian Rumah Zakat Cirebon terhadap Rumah Literasi yang ada di wilayahnya. Dia berharap dengan adanya bantuan tersebut, membuat anak-anak semakin bersemangat untuk belajar.

BACA JUGA:Sekda Herman Suryatman Dorong LO Bekerja Cepat dan Progresif

"Mudahnya apa yang diperjuangkan melalui Rumah Literasi ini, semakin besar dan diminati oleh anak-anak," ungkapnya. (awr/opl)

Kategori :