80 Persen Pedagang Pasar Tanjungsari Gunakan QRIS, Transformasi Digital Dinilai Berhasil

Senin 15-07-2024,13:35 WIB
Reporter : Tatang Rusmanta
Editor : Tatang Rusmanta

80 Persen Pedagang Pasar Tanjungsari Gunakan QRIS, Transformasi Digital Dinilai Berhasil

RADARCIREBON.COM – Transformasi di digital di Kabupaten Sumedang dinilai berhasil. Itu diungkapkan oleh Pj Bupati Yudia Ramli.

Baru-baru ini Yudia Ramli memantau ketersediaan Bahan Pokok Penting (Bapokting) dan pupuk subsidi di Pasar Rakyat Tanjungsari. 

Kunjungan ini diawali dengan melihat  ketersedian dan harga pupuk di Toko Pupuk Sumber Tani. 

Kemudian dilakukan dialog antara Pj Bupati dengan pemilik toko pupuk tentang ketersedian stok pupuk dan keluhan di lapangan. 

BACA JUGA:Tampil Pertama di Bandung, TRIAL & TELL Yamaha NMAX 'Turbo'

BACA JUGA:Razia Polisi Sasar 14 Pelanggaran, Segini Besar Dendanya Jika Kena Tilang

2

“Ketersedian pupuk bersubsidi Alhamdulilah berjalan dengan baik,” katanya.

Dari toko pupuk, Yudia kemudian mengecek stok beras, sayur mayur dan daging. Ia pun berbelanja sayur mayur dan daging dengan pambayaran nontunai melalui QRIS. 

“Alhamdulilah harga Bapokting di Pasar Rakyat Tanjungsari stabil. Bahkan ada beberapa komoditas harganya turun. Daging ayam yang awalnya Rp 40 ribu sekarang menjadi Rp 36 ribu,” katanya.

Dikatakan Yudia, Sumedang sebagai kabupaten yang sudah bertransformasi digital pembayaran di pasar pun sudah mengunakan QRIS. 

BACA JUGA:Kehadiran Peneliti Macan Tutul ke Gunungmanik Kuningan Membuat Warga Tambah Cemas, Ini Penyebabnya

“Tadi saya bayar belanjaan pun sudah menggunakan QRIS. Retribusi pasar pun menggunakan QRIS yang sudah terintergrasi dengan Bank BJB hampir 80 persen pedagang disini sudah menggunakan QRIS,” kata Yudia

Yudia menyebutkan, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan terus memantau ketersedian dan harga Bapokting secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Perdagangan (Sindang). 

“Petugas  setiap hari memeriksa harga kebetuhan pokok di pasar kemudian diinput ke aplikasi Sindang. Aplikasi ini sudah terintergrasi ke Provinsi Jawa Barat bahkan ke Kementrian Dalam Negeri yang dipakai bahan rakor setiap minggu terkait perkembangan harga Bapokting. Alhamdulilah harga Bapokting di Tanjungsari stabil harganya dan para pedagangnya kondusif,” ujar Yudia.

Kategori :