Sanggar Seni Tresna Budaya SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon Memukau

Senin 22-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Tidak banyak generasi muda saat ini yang mencintai budaya lokal, terutama budaya Cirebon. Namun, kenyataannya masih ada generasi muda yang peduli terhadap tradisi budaya Cirebon.

Seperti yang ditunjukkan oleh siswa SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon, mereka yang tergabung dalam sanggar seni Tresna Budaya menggelar acara "Malam Mingguan Ngalih Ning Alun-alun Kejaksan" pada Sabtu malam minggu (20/7).

Acara ini dihadiri oleh peneliti budaya dari luar negeri, bahkan salah satu Warga Negara Asing (WNA) yang ikut serta dalam penampilan menyanyi lagu "Prahu Layar".

Pada kesempatan tersebut, siswa SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon juga mempersembahkan Tari Topeng Tumenggung, Tayub, dan Wayang Kulit.

BACA JUGA:Sidang PK Saka Tatal di PN Cirebon, Ini Dia Sederet Saksi yang Akan Dihadirkan Pengacara

Musik gamelan dan pertunjukan wayang kulit juga dipersembahkan oleh siswa-siswa tersebut.
Wiyono, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, memberikan apresiasi atas partisipasi SMA Islam Al Azhar dalam acara seni malam mingguan di Alun-alun Kejaksan.

"Ini sungguh bagus karena masih ada siswa yang peduli terhadap budaya Cirebon, dari tarian, Tayub, hingga gamelan dan wayang. Ini sungguh luar biasa," kata Wiyono.

2

Kepala SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon, Nur Wahyudin SSi turut mengapresiasi kehadiran sekolahnya dalam acara malam Mingguan di Alun-alun Kejaksan.

"Tentu saja ini menjadi kebanggaan bagi sekolah dan siswa kami yang dapat menghibur masyarakat yang hadir di alun-alun Kejaksan," ujar Nur Wahyudin.

BACA JUGA:Kebakaran di Kota Cirebon Hari Ini, 7 Unit Damkar Dikerahkan ke Kelurahan Kecapi

Dia menambahkan bahwa sekolahnya secara rutin membina siswa dalam bidang seni dan budaya, mulai dari tari hingga memainkan gamelan.

"Sanggar seni Tresna Budaya SMA Islam Al Azhar berkomitmen untuk membina minat seni dan budaya siswa, dan hasilnya dapat terlihat pada penampilan mereka malam ini di hadapan masyarakat," tambahnya.

Wahyu juga memberikan apresiasi kepada tiga WNA yang turut hadir dalam pagelaran budaya sanggar seni Tresna Budaya SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon, termasuk Ria Saraswati dari Italia yang memukau dengan penampilannya menyanyikan lagu "Prahu Layar".

Dia juga mengundang orang tua yang ingin menitipkan pendidikan anak-anaknya untuk memilih SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon, yang tidak hanya menawarkan pendidikan agama tetapi juga mengembangkan bakat dan minat siswa dalam seni dan budaya melalui sanggar seni Tresna Budaya. (abd/adv)

BACA JUGA:TEGAS! Menlu Retno Dukung ICJ Usir Israel dari Palestina

Kategori :