STMIK IKMI Cirebon Gelar Workshop Bibliometric Analysis

Kamis 25-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Saat ini, analisis bibliometrik menjadi satu hal yang penting dalam bidang riset. Oleh karena pentingnya mengidentifikasi, mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi data informasi penelitian secara efektif, maka STMIK IKMI Cirebon menyelenggarakan workshop Bibliometric Analysis bagi para dosen.

Ketua pelaksana, Rudi Kurniawan MT mengatakan workshop itu untuk meningkatkan kompetensi para dosen di bidang riset dan penelitian. Narasumber dalam workshop itu adalah Ketua STMIK IKMI Cirebon Dr Dadang Sudrajat SSi MKom.

“Workshop ini digelar dua hari, Selasa (23/7/2024) hingga Rabu (24/7/2024). Adapun peserta yang ikut ada 30 dosen dari STMIK IKMI Cirebon," kata Rudi Kurniawan kepada Radar Cirebon.

Sementara itu, Wakil 1 Bidang Akademik, Riset dan Inovasi STMIK IKMI Cirebon, Dian Ade Kurnia MKom menjelaskan bahwa analisis bibliometrik adalah sebuah metode penelitian yang menerapkan prinsip statistik dan matematika untuk mengukur, menganalisis, dan menginterpretasi kuantitas serta kualitas literatur ilmiah yang ada dalam suatu bidang tertentu.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Cirebon Buka Job Fair 2024, Tersedia 1.480 Lowongan Kerja

“Perkembangan saat ini sangat cepat, bagaimana metode itu menggunakan bantuan-bantuan atau tools yang berbasis kepada AI atau artificial intelijen. Nah tahapan-tahapan itu tentunya itu harus dilalui, seperti misalnya mencari topik riset, kemudian diturunkan ke judul risetnya, mencari keyword dan sumber-sumber literatur yang memenuhi kaidah atau standar penelitian," ungkapnya.

Lebih lanjut ia menyebut bahwa analisis bibliometrik dapat membantu para dosen dalam mengidentifikasi tren penelitian terkini dan mendatang. Dengan mengetahui topik penelitian yang sedang populer, mereka dapat menyusun rencana studi yang relevan dan berkontribusi pada perkembangan pengetahuan di bidangnya.

2

Oleh karena itu, dengan diselenggarakannya workshop ini, dia berharap bahwa para dosen dapat menghasilkan publikasi di jurnal internasional bereputasi, seperti Scopus. Dengan adanya artikel atau penelitian yang dipublikasikan ke jurnal internasional bereputasi, akan menunjukkan kualitas dan mutu dalam riset yang dilakukan oleh para dosen.

“Sebagai PTS Informatika di wilayah Ciayumajakuning yang mempunyai keunggulan, tentunya kami selalu berupaya meningkatkan kualitas dosen. Tidak saja di bidang teknologi, tetapi juga di bidang penelitian sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, " harapnya. (awr/opl)

BACA JUGA:2 Konter Pulsa di Caracas Kuningan Kebakaran, Pemicunya Diduga Korsleting Lampu LED Warna-warni

Kategori :