Risiko Sumpah Pocong seperti Saka Tatal, Kalau Berbohong Diyakini Kena Musibah dan Bahaya

Minggu 11-08-2024,09:50 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Yuda Sanjaya

Meskipun demikian, tradisi sumpah pocong ini tidak ada kaitannya dengan ajaran syariat agama Islam. Terlebih tidak ada dalil yang ada di dalam Alquran.

Bagi orang awam, tradisi sumpah pocong ini cukup ditakuti. Hal ini disebabkan adanya hukuman yang dipercayai akan dialami oleh pelaku.

Apalagi kalau tidak menyampaikan kebenarannya ketika diambil sumpah pocong ini.

Meskipun tak bisa dibuktikan validasinya, pelaksanaan ritual sumpah pocong ini masih dipercayai oleh sebagian kalangan masyarakat.

BACA JUGA:Besaran Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 Masih Dibicarakan Pemerintah

Pembuktian akan pengakuan dari pelaku sumpah pocong ini hanya bisa dilihat dari hukuman atau musibah apa saja yang akan menimpa dirinya.

Sementara itu, Saka Tatal mengaku lega menjalani ritual sumpah pocong. Ia pun berharap kasus ini semakin terbuka.

“Harapannya semakin terbuka, gak ada hal-hal yang ditutup-tutupi. Alhamdulillah lega (sudah sumpah pocong, red),” ujar Saka kepada awak media.

2

“Tapi barangkali ada yang masih keukeuh dengan pendapatnya bahwa Saka ini pelakunya, udah sumpah pocong aja bareng sama Saka langsung,” sambung Saka Tatal.

BACA JUGA:Animo Tak Berkurang, Ratusan Pembalap Sepeda Turun di Tour de Linggarjati 2024

Ditegaskan dia, keberanian melaksanakan sumpah pocong tidak lepas dari dirinya sebatas mengungkapkan fakta sesungguhnya dan tidak pernah terlibat dalam kasus Vina Cirebon.

Kategori :