Kasus Vina Cirebon: Misteri Keberadaan Sudirman di Balik Kembalinya 6 Terpidana ke Cirebon

Jumat 16-08-2024,10:03 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

"Kami sekarang belum tahu keberadaan Sudirman, terakhir itu ada di Polda Jabar. Tapi keluarga juga belum ketemu sama sekali sampai sekarang," kata Beny di Lapas Cirebon, Kamis malam, 15 Agustus 2024.

BACA JUGA:Enam Terpidana Kasus Pembunuhan Vina dan Eky Dikembalikan ke Lapas Kelas 1 Cirebon, Kecuali Sudirman

Beny juga mengeluhkan sikap kuasa hukum Sudirman yang ditunjuk oleh Polda Jabar. Menurut dia, kuasa hukum Sudirman bernama Wilson.

Namun, menurut Beny, selama ini Wilson menunjukan sikap tidak peduli kepada keluarga Sudirman.

Nama penasihat hukum Sudirman itu Pak Wilson. Sampai sekarang dia (Wilson) tidak peduli terhadap Sudirman dan keluarganya,” katanya. 

Lebih lanjut Beny merasa bahwa Wilson ikut menyembunyikan keberadaan adiknya.

“Bahkan, saat saya sudah komunikasi ke PH Sudirman bahwa saya mau ikut jenguk tapi gak jawab. Sepertinya Wilson sengaja menyembunyikan adik saya agar tidak boleh bertemu dengan keluarga," imbuhnya.

Beny berharap pihak Polda Jabar agar Sudirman segera dipindahkan kembali ke Lapas Cirebon.

2

"Kasihan adik saya, dan kami tidak tahu nasib Sudirman saat ini bagaiman. Kenapa Polda Jabar menyembunyikan Sudirman, ada apa?. Harapan kami cepatlah dipindah ke Lapas Cirebon, biar kami keluarga mudah mengaksesnya dan Sudirman bisa bertemu sama keluarganya dan bisa mengajukan PK juga," tuturnya. 

Beny juga memohon bantuan dari Presiden Jokowi, Presiden terpilih Prabowo, Kemenkumham, Kapolri agar Sudirman bisa segera dipindahkan ke Lapas Cirebon.

"Unik Bapak Presiden Jokowi, Pak Prabowo, Kemenkumham dan Kapolri saya minta bantuan agar Sudirman bisa dipindahkan ke Lapas Cirebon, supaya keluarga bisa mengakses dan bertemu karena dekat dari rumah kami. Kami sedih karena para terpidana lainnya sudah mengajukan PK, hanya Sudirman yang belum," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak enam terpidana terkait kasus kematian Vina dan Eky yang selama ini dititipkan di dua lapas berbeda di wilayah Bandung akhirnya dipulangkan kembali ke Lapas Kelas 1 Cirebon, Jl Kesambi, Kota Cirebon.

Pantauan radarcirebon.com, keenam terpidana tiba di Lapas Kelas 1 Cirebon, Kamis malam (15/8/2024) sekitar pukul 20.10 WIB menggunakan mobil tahanan Transpas.

Mobil yang membawa keenam terpidana ini ngebut langsung masuk pintu samping Lapas Kelas 1 Cirebon, Jl Kesambi, Kota Cirebon menghindari wartawan dan keluarga para terpidana yang sudah menunggu di halaman depan lapas.

Awalnya, tujuh terpidana dipinjam oleh Polda Jawa Barat untuk pengembangan daftar pencarian orang (DPO) kasus Vina Cirebon. 

Namun hingga Kamis malam (15/8/2024) ada satu terpidana yang tidak ikut masuk dalam rombongan yang kembali ke Lapas Cirebon, yakni atas nama Sudirman. (*)

Kategori :