2 Hari Lagi, Waspada Banjir Rob di Pantura Cirebon, Simak Penjelasan BMKG

Rabu 21-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan potensi banjir rob di beberapa wilayah pesisir Indonesia, termasuk di Pantura Cirebon.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Cirebon Andi Wibowo mengungkapkan, berdasarkan informasi dari BMKG Kota Cirebon berpotensi terjadi banjir rob pada tanggal 23-26 Agustus 2024.

"Informasinya tanggal 23-26 Agustus 2024 memang itu potensinya, kami imbau kepada masyarakat yang berada di pesisir pantai utara Jawa (Pantura) supaya selalu siap siaga dan selalu update terkait informasi-informasi dari BMKG,"ungkapnya kepada radarcirebon.com, Rabu (21/8/2024).

Andi menyebutkan, daerah yang berpotensi terjadi banjir rob yakni sepanjang pesisir pantai utara mulai Kecamatan Kejaksan hingga Kecamatan Lemahwungkuk dan perbatasan antara Kota dengan Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Program Zero Waste to Landfill BRI, Aksi Nyata BRI Menuju Zero Emission 2050

BACA JUGA:Trending! Rumah Tangga Pratama Arhan dan Zize Diterpa Isu Perselingkuhan

"Masyarakat tidak perlu panik, namun harus selalu tetap siaga dan waspada. Hingga saat ini kami terus melakukan monitoring dan kondisi saat ini masih terkendali dan aman. Kita berdoa saja semoga semua pesisir pantai wilayah Kota Cirebon aman terlindung dari segala jenis bencana,"sebutnya.

2

BPBD Kota Cirebon, lanjut Andi, bersama dengan seluruh stakeholder juga selalu aktif memantau perkembangan yang ada dan menyampaikan kepada masyarakat. Termasuk juga memberikan edukasi-edukasi kesiapsiagaan bencana.

"Tinggal kita semua harus siap dengan mitigasinya. Kami juga membuka call center Siaga 112 apabila masyarakat melaporkan ada bencana atau membutuhkan bantuan BPBD,"pungkasnya. 

BACA JUGA:Putusan MK Soal Aturan Pilkada, Komisi II DPR RI Berharap Tidak Mengganggu Jadwal Tahapan

Kategori :