Kemeriahan Momen Istimewa Jambore Nasional ke-5 dan Satu Dekade Yamaha R25 Owners Indonesia di Yogyakarta

Senin 26-08-2024,12:03 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

RADARCIREBON.COM - Kedekatan Yamaha dengan komunitas diperlihatkan dalam berbagai momen yang juga merupakan bentuk apresiasi dan kebersamaan. Hal ini terlihat misalnya dalam Jambore Nasional ke-5 Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) sekaligus perayaan satu dekade berdirinya komunitas tersebut.

Aktivitas ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Mengambil lokasi di area Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, sekitar 300 bikers YROI hadir bergabung dalam acara akbar bertemakan “We R more than friends, we R family”. Event ini menyatukan semua members dari berbagai wilayah Indonesia, termasuk yang paling jauh datang bikers dari Samarinda, Balikpapan dan Bali. Saat ini tercatat ada 89 chapter YROI dan jumlah anggota sebanyak hampir 4.000 anggota.

Untuk event di bulan Agustus ini, ratusan members menikmati sejumlah agenda yang disuguhkan agar menjadi memori berkesan bernilai lebih. Diantaranya adalah yang disediakan Yamaha melalui dealer Yamaha Sumber Baru Motor Yogyakarta yaitu test ride NMAX “TURBO”.

BACA JUGA:Detik-detik Evakuasi Pria dari Sumur di Kalibaru Cirebon Jadi Tontotan Warga, Sempat Berontak

Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik untuk mendapatkan pengalaman berkendara menggunakan skutik MAXi Yamaha teranyar yang dilengkapi fitur dan teknologi canggih. Selain itu, Yamaha Riding Academy (YRA) juga memberikan edukasi safety riding yang dipraktekkan dalam city touring member YROI sebagai wujud komitmen menjalankan keselamatan berkendara di jalanan.

Daftar agenda utama lainnya yaitu Rapat Kerja Nasional YROI membahas program kerja serta rencana ke depan agar komunitas semakin solid dan terikat dalam rasa persaudaraan yang kian kuat. Ikut hadir dalam acara ini pembalap Yamaha yaitu Galang Hendra Pratama yang memberikan support buat YROI.

Management PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengapresiasi YROI atas kesuksesan pelaksanaan event ini. ”Selamat untuk sukses terselenggaranya Jambore Nasional ke-5 sekaligus satu dekade berdirinya komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI). Kami turut mendukung pelaksanaan event ini, serta terimakasih juga untuk support dari rekan-rekan YROI dengan berpartisipasi pada event Yamaha maupun penggunaan motor R25 yang merupakan salah satu line up unggulan R Series.

Di acara kali ini pun, semua member YROI yang hadir memperlihatkan antusiasme tinggi ambil bagian dalam kebersamaan, serta kebanggaan sebagai pengguna R25 yang telah merasakan banyak benefit memakai motor ini. Kami harapkan kedekatan Yamaha dengan YROI akan selalu terjalin erat ke depannya,” ungkap Gregorius J. Liem, Manager YRA & Community PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

BACA JUGA:Handarujati Terima Rekomendasi dari Demokrat Sebagai Calon Wakil Walikota Cirebon

Pelaksanaan Jamnas ke-5 dan satu dekade berdirinya ini turut menjadi momentum untuk terus memajukan YROI. Ketua Umum YROI, Wahyu Arjuna, menuturkan acara ini berlangsung meriah dan memberikan spirit positif untuk bertumbuh bersama komunitas. ”Tahun ini sangat spesial karena sudah satu dekade YROI berdiri, tepatnya dideklarasikan pertama kali pada 17 Agustus 2014.

Kami pun menandai momen istimewa ini dengan menggelar event yang menyatukan semua members dari berbagai wilayah Indonesia. Terimakasih kepada Yamaha dan semua sponsor yang sudah mendukung kelancaran acara ini.

2

Khusus dengan Yamaha, YROI juga selalu terlibat dalam sejumlah aktivitas seperti menjadi peserta terbanyak buat balapan komunitas di bLU cRU Yamaha Sunday Race baik yang digelar di Sentul maupun Mandalika. Lalu bagi saya, R25 memberikan pengalaman terbaik sebagai motor yang tangguh untuk dipakai harian, touring dan balapan,” tutur Wahyu Arjuna, Ketua Umum YROI.

Yamaha R25
 
R25 tampil lebih sporty dengan desain bertemakan “Super Sport Design” yang terinspirasi dari YZR-M1. Kemunculan M-Shaped Intake Duct di bagian wajah depan serta “Cross Layer Design” yang membuat fairing menjadi bertumpuk memungkinkan motor memiliki fungsi aerodinamis yang tinggi. Telah dilengkapi juga dengan speedometer digital multifungsi yang lebih informatif dan mudah terlihat, serta shift timing light.

Pada bagian lampu depan dan belakang R25 juga sudah mengadopsi teknologi LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Hazard lamp juga telah disematkan, berfungsi sebagai tanda ketika pengendara mengalami kondisi darurat. Knalpot R25 juga dibuat menjadi lebih compact guna menunjang penampilan yang semakin sporty.

BACA JUGA:Parkir Liar di Kota Cirebon Terkait dengan Mentalitas Warga, Prof Adang: Perlu Tindakan Tegas
 
R25 telah dibekali suspensi Up Side Down yang tidak hanya mampu membuat pengendara mendapatkan handling terbaik saat berkendara namun turut membuat tampilan motor menjadi terlihat lebih gagah. Perpaduan antara ban ukuran besar pada bagian depan (110/70-17) dan belakang (140/70-17) dengan velg lebar berbahan aluminium alloy yang teruji lebih kuat serta ringan pada motor turut membuat performa berkendara menjadi lebih maksimal.

Lalu pengaplikasian tombol starter 3 in 1 yang terdiri dari cut off/ on dan starter engine dihadirkan untuk mempertegas kesan “big bike” pada motor. Kontrol pengereman R25 juga semakin optimal dengan Anti-lock Braking System (ABS)*.
 
R25 memiliki mesin 250cc, berpendingin cairan, DOHC, 8 katup, 2 silinder dengan 6 percepatan, mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 26,5 kW/12.000 rpm serta menghasilkan torsi maksimum yang mencapai 23,6 Nm/10.000 rpm.

*hanya terdapat pada R25 ABS

Kategori :