Pimpin Upacara Hari Pramuka ke-63, Pj Wali Kota Cirebon: Dukung Jadi Ekstrakuriluler di Sekolah

Senin 26-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM  – Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menjadi pembina upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 yang berlangsung di Grage City Mall, Senin 26 Agustus 2024.

Dalam upacara tersebut, Pj Wali Kota menekankan pentingnya Gerakan Pramuka sebagai salah satu pilar dalam pembentukan karakter generasi muda.

Pj Wali Kota menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah membekali generasi muda dengan kecakapan dan keterampilan yang bermanfaat, baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:KY Berhentikan 3 Hakim Pemberi Vonis Bebes Ronald Tannur

BACA JUGA:Tok! Divonis 3 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar, Begini Respon Amar Zoni

BACA JUGA:PDI Perjuangan Usung Andika Perkasa-Hendrar untuk Pilkada Jateng

"Pramuka tidak hanya mengajarkan disiplin dan tanggung jawab, tetapi juga memberikan bekal keterampilan yang akan sangat berguna di masa depan," ujar Pj Wali Kota.

Pemerintah Kota Cirebon, lanjutnya, akan terus mendukung Gerakan Pramuka dengan menjadikannya sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah.

Menurut Pj Wali Kota, sejalan dengan semangat Dasa Dharma Pramuka yang bertujuan membentuk generasi muda yang berkualitas dan berkarakter.

Pj Wali Kota juga membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso.

BACA JUGA:Bey Machmudin Lantik Hening Widiatmoko sebagai Pustakawan Ahli Utama: Jaga Peradaban

BACA JUGA:Statistik Jay Idzes Usai Debut di Serie A, Catat Rekor Mengesankan

BACA JUGA:Pria Nekat Menceburkan Diri ke Sumur di Cirebon, Polisi Bocorkan Kondisinya

Tema peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun ini adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Gerakan Pramuka, menurut Budi Waseso, telah melakukan berbagai inovasi dan adaptasi, termasuk pemanfaatan teknologi dan kontribusi dalam ketahanan pangan melalui Sekolah Pertanian Terpadu yang bekerja sama dengan Food and Agriculture Organization (FAO).

Selain itu, Gerakan Pramuka juga fokus pada pengembangan kepemimpinan, program kewirausahaan, serta transformasi kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

"Kegiatan ini adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berjiwa Pancasila," jelasnya.

BACA JUGA:Rakercabsus, PDIP Resmi Usung Imron-Agus di Pilkada 2024

BACA JUGA:Atasi Angka Pengangguran, SMK Al-Asy’ariyah Buka Job Fair

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Kota Cirebon, Drs Nashrudin Azis SH, menegaskan bahwa semangat pantang menyerah dan pengabdian harus menjadi jiwa setiap anggota Pramuka.

“Sebagai Pramuka Indonesia, khususnya di Kota Cirebon, kita harus selalu siap mengabdi dan saling membantu sesama," katanya.

Dengan semangat yang terus menyala, Gerakan Pramuka di Kota Cirebon bertekad untuk terus berkontribusi dalam membentuk generasi muda yang siap menjadi pilar kekuatan bangsa, menuju Indonesia Emas 2045. (*)

Kategori :