Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Sharp Hadirkan Mesin Penukar Botol Plastik di Area Publik

Sabtu 31-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Lingkungan yang sehat sangat berkaitan erat dengan kualitas udara dan air yang bersih. Kualitas udara dan air yang baik tidak hanya menjaga kesehatan manusia, tetapi juga mendukung keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Guna melestarikan alam dan ekosistem, diperlukan keterlibatan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

Turut memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh pada 10 Agustus 2024 lalu, Sharp Indonesia bekerjasama dengan Plasticpay meresmikan mesin Reverse Vending Machine ( RVM ) pertama nya di Food Court lantai 2 Mall Artha Gading, Jakarta Utara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pelestarian lingkungan dengan mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah botol plastik kemasan.

Kemasan botol plastik yang dimasukan kedalam mesin RVM ini akan dikelola oleh Plasticpay dan akan didaur ulang menjadi bermacam produk yang memiliki nilai guna. “Konsep yang diusung oleh Plasticpay sangat sejalan dengan visi perusahaan kami yakni ‘Sharp Eco Vision 2050’ dimana secara berkelanjutan melalui kegiatan ESG nya, Sharp mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan oleh PBB sebagai agenda pembangunan dunia guna menciptakan perdamaian dan kemakmuran bagi manusia dan planet bumi di masa sekarang dan masa depan, ungkap Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia .

BACA JUGA:RSD Gunung Jati Kota Cirebon Jadi Lokasi Cek Kesehatan Kepala Daerah, Ini Pendapat Para Paslon

Kontribusi Sharp Indonesia dalam menjaga lingkungan tidak hanya terbatas dalam program peningkatan kesadaran masyarakat saja, Sharp Indonesia pun aktif melakukan beragam program Konservasi seperti penanaman pohon endemik, mangrove, transplantasi koral, pelepasan hewan hingga pemberdayaan masyarakat di area Konservasi.

Sharp Indonesia pun menerapkan konsep ramah lingkungan pada bangunan pabrik dengan menggunakan lampu LED di seluruh kawasan, melakukan aksi penghijauan, pengelolaan limbah terpadu,  memasang solar panel, dan skylight rooftop guna mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

2

Selain itu Sharp pun membenamkan teknologi dan fitur ramah lingkungan pada setiap produknya.

“Yang terbaru adalah Sharp menggunakan material recycle plastik pada produk smartphone dan air purifiernya, ini menjadi sebuah bukti nyata akan keseriusan Sharp untuk aktif mendukung program dekarbonisasi Indonesia menuju target net zero emission (NZE) pada 2060, dan juga guna mencapai target Sharp global untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 60% di tahun 2035”,  jelas Andry.

BACA JUGA:Rumah Warga Beber Kebakaran, Ini Penyebabnya

General Manager Plasticpay, Yan Kurniawan menyatakan apresiasinya kepada Sharp Indonesia yang bergabung pada program ini. “Keterlibatan Sharp Indonesia menjadi penyemangat kami untuk terus mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama – sama menjaga lingkungan dengan cara yang mudah dan menyenangkan”.

Bagi setiap konsumen Sharp yang ingin berkontribusi dapat mendatangi titik lokasi RVM di Mal Artha Gading, kemudian mengunduh aplikasi Plasticpay di Google play atau App Store, dan melakukan registrasi diri dilanjutkan dengan memasukan botol ke dalam RVM, mesin akan menghitung jumlah botol yang masuk dan akan mengkonversi jumlah botol dengan nilai poin yang nantinya dapat ditukarkan dengan e-wallet, shopping voucher dan lainnya.

“Kami berharap semoga upaya kami dalam mendukung kebijakan pemerintah untuk menjaga lingkungan akan mendapatkan respon positif dari konsumen setia kami dan masyarakat sekitar.

Kami pun mengucapkan terima kasih kepada pihak Mal Artha Gading yang menyambut baik program kami dan mendukung terlaksananya kampanye ini. Tidak berhenti disini, kedepannya, Kami akan melanjutkan program ini dengan menempatkan mesin RVM ini di beberapa titik lokasi lagi,” tutup Andry.

BACA JUGA:Tiga Pasangan Calon Jalani Pemeriksaan Kesehatan. Ketua KPU: Berlangsung Selama Dua Hari

Kategori :