Titin Jelaskan Kondisi Sudirman Terpidana Kasus Vina, Sambutan 6 Terpidana Bikin Haru

Kamis 05-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

RADAR CIREBON – Sudirman, terpidana kasus Vina Cirebon tiba di Lapas Kelas 1 Cirebon, Kamis siang, 5 September 2024.

Dia dikembalikan dari Lapas Banceuy Kota Bandung. Sudirman tiba didampingi oleh sejumlah pengacara dan tim dari LPSK.

Salah satu kuasa hukum yang ikut mendampingi Sudirman dari Bandung ke Cirebon adalah Titin Prialianti. 

Ditemui radarcirebon.com di Lapas Kelas 1 Cirebon, Titin mengatakan bahwa Sudirman dalam kondisi sehat dan terlihat lebih tenang. 

BACA JUGA:Sudirman dan 6 Terpidana Kasus Vina Lainnya Dapat Perlindungan LPSK

BACA JUGA:Sudirman Terpidana Kasus Vina Dikembalikan ke Cirebon, Jadwal Sidang Sudah Ditentukan

"Sejak kemarin (4/9/2024) Sudirman didampingi oleh LPSK. Waktu awal bertemu di Lapas Banceuy, meski sama keluarga, tangannya Sudirman (berkeringat) dingin semua. Sekarang Alhamdulillah, sudah lebih nyaman, Sudirman sehat,’’ Katanya. 

2

Titin menuturkan, di Lapas Cirebon Sudirman pun sudah dipertemukan dengan enam terpidana lainnya. Dia yakin, keenam terpidana itu akan menjaga Sudirman. 

‘’Jadi ketakutan kalau Sudirman akan diperlakukan tidak baik, seperti yang dulu ditulis oleh Sudirman yang dipaksa ditulis itu, tidak pernah terjadi. Mereka betul-betul  mengharapkan Sudirman kembali ke sini dan akan menjaga dengan baik,’’ tuturnya.

Titin mengakui, keterbatasan Sudirman membuat komunikasi Sudirman dengan enam terpidana lainnya dalam pertemuan pertama itu memang tidak banyak.

BACA JUGA:LPSK Lindungi 7 Terpidana Kasus Vina, Reza Indragiri Desak Mabes Polri Umumkan Hasil Kerja Timsus

‘’Sudirman susah diajak bicara banyak, mereka juga mengakui itu. Yang enam (terpidana) itu sama-sama menguatkan Sudirman. Semangat Sudirman, kita mendukung kamu. Kita jagain kamu. Jadi hanya bahasa-bahasa seperti itu yang disampaikan oleh enam terpidana terhadap Sudirman," ucapnya.

Mantan jurnalis ini menyampaikan kepada enam terpidana mengenai dugaan tindak kekerasan yang diterima Sudirman saat di Polda Jabar. Salah satunya sempat ada pemukulan dan disiram air panas.

"Kondisi ini tidak dialami oleh enam terpidana lainnya karena mereka dititipkan di lapas Bandung berbeda. Mereka hanya sesekali dibawa ke Polda untuk dimintai keterangan. Sedangkan Sudirman tetap ditahan di Polda. Saya sampaikan ke enam terpidana lainnya. Saya bilang ke mereka, Sudirman di Polda itu jangan dikira enak, malahan dia diperlakukan tidak nyaman. Kamu semua kan di lapas, Sudirman sendiri di Polda,’’ tuturnya. 

Titin pun mengapresiasi peran LPSK terhadap Sudirman. LPSK akan melakukan pendampingan saat nanti di persidangan dan pengawasan melekat. 

Kategori :