120 anggota DPRD Provinsi Jawa Barat resmi dilantik di Gedung Merdeka

Sabtu 07-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang dilantik, ada delapan legislator Partai Demokrat. Dari delapan itu, hanya satu yang merupakan kader Srikandi, yakni dr Ratnawati. Hal ini membuat Ketua DPD Partai Demokrat Jabar, Anton Sukartono Suratto, begitu suka cita.

Apalagi dr Ratnawati adalah bendahara DPD Demokrat Jabar. Bukan hanya itu, dr Ratnawati juga adalah istri dari Herman Khaeron atau Hero yang merupakan Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat. Kang Hero dan Anton tampak mengantar ke prosesi pengambilan sumpah/janji di Gedung Merdeka, Bandung. Dimulai dari naik Bandros (Bandung Tour on the Bus) dari Hotel Grand Preanger menuju Savoy Homann Hotel.

Dari Savoy Homann, Anton dan Kang Hero kemudian mengapit dr Ratnawati menuju tempat pengambilan sumpah. Para anggota yang dilantik terlebih dulu melakukan historical walk dari Savoy Homann ke Gedung Merdeka. Istilah historical walk untuk mengingatkan yang dilakukan para pemimpin dunia pada 1955 ketika Presiden Soekarno menggelar Konferensi Asia Afrika di tempat yang sama.

Saat itu, Soekarno dan para kepala negara/kepala pemerintahan berjalan kaki dari Savoy Homann ke Gedung Merdeka. Usai prosesi pelantikan, Anton dan Kang Hero kemudian menghadiri tasyakuran di Savoy Homann bersama para kader Demokrat Jabar. Acara tersebut digelar dr Ratnawati atas capaian yang luar biasa sehingga menjadi caleg terpilih Partai Demokrat dengan suara terbesar. Yakni lebih dari 87 ribu suara.

BACA JUGA:Dampak Kekeringan, Satlantas Polres Ciko Salurkan Bantuan Air Bersih Kepada Warga Argasunya

Sementara itu, dr Ratnawati mengungkapkan rasa syukurnya atas terpilihnya dirinya menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat. Ia berharap, usai dilantik dirinya bisa langsung tancap gas bekerja untuk rakyat. "Alhamdulillah tentu saya ucapkan, terimakasih kepada masyarakat yang telah memilih saya untuk menjadi wakil di DPRD Provinsi Jawa Barat. Insyaallah saya akan amanah, terjun langsung ke masyarakat, menyerap aspirasi mereka, doakan semuanya lancar," ujarnya.

Kang Herman Khaeron anggota DPR RI yang juga suami dari dr Ratnawati mengaku bangga dan haru bahwa istrisnya menjadi wakil perempuan di Jawa Barat.” Alhamdulillah dan saya harap dukungan dari semua masyarakat agar Istri saya bersemangat bekerja mewakili rakyat dan memberikan andil serta dedikasi terbaik untuk Jawa Barat dan daerah yang diwakilinya yakni Cirebon dan Indramayu.” ucap Kang Hero.

Berikut formasi delapan anggota Fraksi Demokrat di DPRD Jabar periode 2024-2029: Baca Juga: Situ Cipanten Majalengka: Cocok untuk Relaksasi dan Menikmati Udara Segar Sugianto Nangolah (Jabar 1) Saeful Bachri (Jabar 2) M. Yamin (Jabar 5) Dede Candra Sasmita (Jabar 7) Ronny Hermawan (Jabar 8) Jaenal Aripin (Jabar 10) Zulkifli Chaniago (Jabar 11) Ratnawati (Jabar 12) Sebagai satu-satunya Srikandi, dr Ratnawati dinominasikan sebagai ketua Fraksi Demokrat. Di samping posisi politiknya sebagai bendahara DPD Demokrat Jabar dan meraih suara tertinggi.

Selanjutnya Rapat paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat telah mengesahkan Fraksi-Fraksi dari semua partai politik yang punya kursi. Termasuk pimpinan Fraksi dari Partai Demokrat. Rapat paripurna penetapan Fraksi-Fraksi dipimpin Taufik Hidayat, ketua sementara DPRD pada Jum’at (6//9/2024).

BACA JUGA:Kapolres Cirebon Kota Gelar 'Jumat Curhat' Bersama Mahasiswa

Hadir semua unsur fraksi yang ada di DPRD Jabar. Termasuk delapan anggota Fraksi Partai Demokrat (FPD). Plh Sekretaris DPRD Jabar Iis Rostiasih membacakan surat dari pimpinan partai politik politik di Jabar, termasuk dari Demokrasi.

Berdasarkan surat DPD Partai Demokrat Jabar No 124/EXT/DPD.PD/CB/IX/2024, ditunjuk sebagai nakhoda FPD adalah dr Ratnawati, M.KKK. Dokter Ratnawati adalah wakil rakyat dari dapil Jabar 12 yang meliputi Indramayu dan Cirebon. Pada Pemilu lalu, Ratnawati meraih suara 87 ribu. Dia adalah juga bendahara DPD Partai Demokrat Jabar yang juga menjabat Plt ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cirebon.   

Sebagai orang nomor satu di FPD, Ratnawati dibantu “kabinet” sebagai berikut: Ketua: Ratnawati (Jabar 12) Wakil Ketua: Dede Candra Sasmita (Jabar 6) Sekretaris: Saeful Bachri (Jabar 2) Bendahara: Jenal Aripin (Jabar 10) Anggota: Sugianto Nangolah (Jabar 1), A. Yamin (Jabar 5), Ronny Hermawan (Jabar 8), Zulkifli Chaniago (Jabar 11) Dari 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, terbentuk jadi delapan fraksi. Yaitu Fraksi Partai Gerindra (20 orang), Fraksi PKS (19), Fraksi Partai Golkar (19), Fraksi PDIP (17), dan Fraksi PKB (15). Berikutnya, Fraksi Partai Demokrat (8 orang), Fraksi Partai Nasdem (8), Fraksi PAN (7), dan Fraksi PPP (6). Satu orang dari PSI akan bergabung ke salah satu fraksi yang ada.

Kepada sejumlah awak Media dr Ratnawati mengaku siap mengemban amanah menjadi ketua Fraksi dan siap bekerja lebih giat dan maksimal lagi.” Saya mohon dukungan dari seluruh anggota fraksi dan tentu masyarakat di wilayah Jabar dan Dapil saya di Cirebon Indramayu,” ujar dr Ratnawati.

BACA JUGA:Amblas Jalan Kaliwedi-Guwa Bertahun-tahun, Belum Bisa Diperbaiki

Kategori :