Luar Biasa Sinar Matahari Di Sore Hari Ternyata Memiliki Manfaat yang Sama Dengan Sinar Matahari di Pagi Hari

Senin 16-09-2024,04:00 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

Hal ini bisa membuat kulit tampak kering dan kusam, serta muncul keriput dan bintik atau noda kehitaman.

4. Cedera Mata

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan cedera pada mata. Hal ini dikarenakan sinar UV pada sinar matahari dapat merusak kornea mata, sehingga bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram.

Paparan sinar matahari secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinnya berbagai macam gangguan mata contohnya seperti katarak, degenerasi macula, dan kanker mata melanoma.

Kapan Waktu Sinar Matahari Terbaik

Sinar matahari yang baik di pagi hari adalah sebelum pukul 10 : 00 wib. Sedangkan sinar matahari yang baik di waktu sore hari adalah diatas pukul 16 :00 wib.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sinar matahari pada waktu sore hari yang ternyata sama dengan yang di pagi hari.

1. Sebagai Sumber Vitamin D

2

Menikmati sinar matahari sore, khususnya sebelum pukul 17:00 wib, dapat membantu tubuh memproduksi Vitamin D yang esensial untuk kesehatan tulang dan sistem imun.

Disarankan untuk terpapar sinar matahari sore selama sekitar 10 sampai dengan 20 menit untuk mendapatkan manfaat vitamin D.

2. Menyeimbangkan Ritme Tidur

Paparan sinar matahari, termasuk sinar matahari sore, dapat membantu mengatur produksi hormon melatonin di dalam tubuh.

Melatonin adalah sebuah zat hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur bangun. Dengan mengatur produksi melatonin, sinar matahari sore dapat membantu memperbaiki kualitas tidur seseorang.

3. Meningkatkan kekebalan sistem tubuh 

Paparan sinar matahari sore dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Sinar matahari sore juga dapat secara langsung mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh, seperti sel darah putih, sehingga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melindungi dari berbagai macam infeksi dan penyakit.

Kategori :