Pelindo Regional 2 Cirebon Berperan dalam Seminar 'Peran Pelabuhan dalam Masyarakat' di UNTAG Kota Cirebon

Selasa 15-10-2024,17:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon, Darwis, menghadiri dan menjadi narasumber dalam seminar yang diselenggarakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Kota Cirebon.

Seminar yang mengambil tema Peran Pelabuhan dalam Masyarakat ini dihadiri oleh jajaran akademisi dan mahasiswa dari berbagai fakultas.

General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon, Darwis mengatakan tujuan seminar ini untuk memperluas wawasan dan pemahaman terkait peran vital pelabuhan dalam kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Darwis menyampaikan paparan dalam mengenai peran Pelindo sebagai motor penggerak utama dalam ekosistem kemaritiman, terutama di wilayah Cirebon.

BACA JUGA:Ratusan Ojol Dukung Pasangan ASIH, Titip Nasib dan Siap Menang di Pilgub Jabar

Beliau menjelaskan bagaimana Pelindo berperan dalam mendukung kelancaran aktivitas logistik dan distribusi barang, yang pada gilirannya membantu menggerakkan roda ekonomi daerah serta nasional.

Darwis jua menyoroti pentingnya peran pelabuhan dalam menunjang berbagai sektor ekonomi seperti perdagangan, industri, dan jasa yang berdampak langsung terhadap masyarakat Cirebon dan sekitarnya.

Pelindo juga memberikan sejumlah tips berharga kepada para mahasiswa yang bersiap memasuki dunia kerja.

"Salah satu kunci utama dalam mencapai hal-hal hebat dalam hidup adalah rasa percaya diri. Karena percaya diri merupakan fondasi dalam membangun networking yang kuat,” tandasnya.

BACA JUGA:Gerindra Siap Tempur Menangkan Pilkada Serentak 2024

Dalam menghadapi tantangan sehari-hari,  kata Darwis, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan. Maka pentingnya ketrampilan komunikasi yang baik, inisiatif dalam mencari peluang, dan ketangguhan dalam menghadapi dinamika pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif.

"jangan pernah ragu untuk terus belajar dan mengasah diri, baik dalam aspek akademis maupun soft skills, karena ini akan menjadi modal besar saat mahasiswa memasuki dunia kerja,” tandasnya.

Selain sesi berbagi pengalaman dan wawasan, seminar ini juga menjadi forum diskusi yang interaktif, di mana para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdialog langsung dengan GM Pelindo Regional 2 Cirebon.

Banyak dari peserta seminar yang antusias dengan paparan yang disampaikan, terutama terkait peluang karier di sektor kemaritiman cukup menjanjikan dan belum banyak dieksplorasi oleh mahasiswa.

2

BACA JUGA:Percaya Tidak? Begini Ritual Pengobatan di Vihara Pemancar Keselamatan Cirebon, Meminta Berkah Dewi Pek Ku

Acara seminar tersebut ditutup dengan penyerahan sertifikat apresiasi dari Rektor UNTAG Kota Cirebon kepada General Monoger Regional 2 Cirebon sebagoi bentuk penghorgaan atas partisipasi dan kontribusi Pelindo dalam acara ini.

Penyerahan sertifikat disaksikan oleh seluruh peserta seminar, diikuti dengan sesi foto bersama sebagai penutup agenda.

Pelindo Regional 2 Cirebon berharap kegiatan seperti ini dapat terus terjalin dan semakin mempererat hubungan antara dunia industry dan akademisi, untuk bersama-sama membangun generasi muda yang siap bersaing dan berkontribusi bagi kemajuan lndonesia.

Pelindo juga berkomitmen untuk terus aktif mendukung kegiatan edukasi yang melibatkan pelajar dan mahasiswa dalam rangka memberikan wawasan mengenai sektor kemaritiman dan peran pentingnya dalam perekonomion nasional. (abd)

BACA JUGA:Gaji Anggota DRPD Kota Cirebon Minimal Rp45 Juta Per Bulan

Kategori :