Gol Thome Haye Tak Mampu Selamatkan Indonesia dari Kekalahan, China Menang 2-1

Selasa 15-10-2024,21:06 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

QINGDAO, RADARCIREBON.COM – Tidak seperti laga sebelumnya, Timnas Indonesia kali ini kalah dari China dalam lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia tidak mampu menyamakan kedudukan atau bahkan balik unggul atas China. Dibabak kedua, anak asuh Shin Tae-yong hanya mampu menciptakan 1 gol lewat kaki Thome Haye di menit ke-86.

Sehingga, tuan rumah China berhasil memenangi laga yang berlangsung di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa 15 Oktober 2024 dengan skor 2-1 atas Indonesia.

BACA JUGA:Raffi Ahmad dan Taufik Hidayat Dipanggil Prabowo ke Kertanegara: Siap Bantu Beliau

BACA JUGA:China Unggul 2-0 Atas Indonesia, Masih Ada Peluang di Babak Kedua

BACA JUGA:Edukasi Masyarakat, Polresta Cirebon Gelar Patroli Zebra Lodaya 2024 dan Bagikan Baksos

Sejak menit awal babak pertama, Timnas Indonesia mendominasi jalannya pertandingan. Skuad Garuda memainkan bola dari kaki ke kaki.

Namun, pertahanan China begitu rapat, sehingga Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan belum mampu mengancam gawang lawan.

Jay Idzes membuka peluang untuk menciptakan gol melalui sundulan kepala. Tapi, bola yang mengarah ke tengah gawang mudah diamankan oleh kiper Wang Dalei.

Giliran Ragnar Oratmangoen mencoba membuka peluang. Setelah melewati tiga pemain China, Oratmangoen lepas tembakan jarak jauh, tapi sepakan kerasnya masih diatas mistar gawang China.

BACA JUGA:Kick-Off China vs Indonesia Dimulai, Eliano Reijnders Dicoret, Dimas Drajad Masuk Starting Line Up

BACA JUGA:Bertemu dengan Diaspora di Shizouka, Sekda Jabar: Siap Berkolaborasi di Berbagai Bidang

China memanfaatkan kelengahan Pattinama dalam upaya mengamankan bola. Dia menganggap bola hasil tendangan bebas keluar lapangan, tapi berhasil di curi oleh pemain China dengan mengumpan ke Abduwelli.

Pemain China bernomor punggung 23 ini berhasil menuntaskan bola liar tersebut menjadi gol. China pun unggul 1-0 atas Indonesia di menit ke-21.

Ivar Jenner mendapat kesempatan di menit ke-35. Tembakan dari luar kotak penalti mengarah ke gawang namun kiper Wang mampu mengamankannya.

Lima menit kemudian giliran Verdonk mengancam. Tembakan dari luar kotak penaltinya mengalir deras tapi ditepis Wang.

BACA JUGA:Jawaban Askab PSSI Cirebon Soal Somasi PKBH UINSSC, Salah Satu Pengurus Dilaporkan ke Polisi

BACA JUGA:Tasyakuran HPCI Depok Chapter ke-13 Tahun

Menjelang babak pertama berakhir, China berhasil menambah gol melalui Zhang Yuning setelah mendapat umpan trobosan. Melalui kaki kanannya, dia berhasil menggetarkan gawang Maarten Paes.

China pun unggul sementara 2-0 hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua dimulai, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong melakukan rotasi pemain. Mees Hilgers, Witan Sulaeman dan Shayne Pattynama keluar, masuk Thom Haye, Marselino Ferdinan dan Rizky Ridho.

Indonesia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-86. Berawal dari lemparan ke Pratama Arhan, Thom Haye sukses menjaringkan bola.

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Imbau Warga Jaga Kondusivitas Jelang Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Pelindo Regional 2 Cirebon Berperan dalam Seminar 'Peran Pelabuhan dalam Masyarakat' di UNTAG Kota Cirebon

Usaha Jay Idzes dan kawan-kawan untuk menyamakan kedudukan terus dilakukan. Tapi, pertahanan China cukup rapat sehingga menyulitkan para pemain Indonesia.

Pertandingan masuki masa injury time, wasit memberi waktu sembilan menit. Hingga laga selesai tak ada gol tambahan, Indonesia kalah 1-2.

Hasil laga ini, membuat Indonesia masih tertahan di posisi kelima klasemen Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan torehan tiga poin.

Sementara, China masih ada di posisi terbawah juga dengan raihan poin yang sama. Tapi Indonesia unggul selisih gol. (*)

Kategori :