Pelantikan Prabowo-Gibran, Megawati Keluarkan Instruksi ke Fraksi PDI Perjuangan: Wajib Hadir

Minggu 20-10-2024,08:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

GIANYAR, RADARCIREBON.COM - Meski dipastikan tidak hadir dalam prosesi pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri keluarkan instruksi.

Instruksi yang dikeluarkan oleh Megawati Soekarnoputri ini ditujukkan kepada seluruh anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR/MPR RI.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto saat menghadiri pembukaan pameran seni di Ubud, Bali, Sabtu 19 Oktober 2024.

BACA JUGA:Debat Publik Pilkada Jabar 2024 Dilaksanakan 3 Kali, Salahsatunya di Cirebon

BACA JUGA:Usai Dilantik, Minggu Malam Prabowo Umumkan Anggota Menterinya

“Ibu Mega telah mengeluarkan instruksi secara langsung bahwa seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang ke luar kota dan semua harus hadir di dalam proses yang konstitusional berkaitan dengan pelantikan Bapak Prabowo selaku presiden,” tutup Hasto.

Hasto menegaskan, bahwa instruksi Ketua Umum PDI Perjuangan merupakan bentuk penghormatan atas pengucapan sumpah Prabowo sebagai Presiden RI.

Dijelaskan oleh Hasto bahwa ketidakhadiran Megawati dalam prosesi pengambilan sumpah Presiden dan Wapres RI periode 2024-2029 ini dikarenakan faktor kesehatan.

“Memang setelah pulang dari Rusia, Uzbekistan, kemudian melihat polusi yang begitu besar dan kemudian semacam alergi debu,” tutur Hasto.

Oleh sebab itu, kehadiran Megawati diwakilkan kepada putrinya yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani.

“Kehadiran Ibu Mega nanti diwakili oleh Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan juga representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan,” kata Hasto Kristiyanto.

Instruksi yang keluarkan oleh Megawati Soekarnoputri kepada seluruh anggora Fraksi PDI Perjuangan agar wajib hadir dalam pelantikan Presiden dan Wapres RI 2024-2029 disambut baik oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Bahkan, dirinya mengucapkan berterima kasih kepada PDI Perjuangan yang telah mewajibkan anggota fraksinya untuk hadir di acara pelantikan Prabowo-Gibran.

"Karena atas instruksi itu, kami merasa terhormat dan berterimakasih atas keputusan Ibu Mega dan mudah-mudahan acara besok tidak mengurangi khidmat dan kekhusyuan acara besok," ucapnya.

Sebelumnya, Ahmad Muzani menyampaikan bahwa Presiden ke-5 Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri tidak bisa hadir di Gedung Nusantara untuk menyaksikan prosesi pengambilan sumpah Presiden ke-8 RI, Prabowo Subianto. (*)

Kategori :