Ambisi Kalahkan Pasar Jepang

Jumat 19-06-2015,09:09 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

Sharp Perbesar Pangsa Pasar Indonesia CIREBON - Sharp siapkan ran­cangan strategi untuk men­jalankan bisnis di 2015. Brand elektronik asal Jepang ini memasang target untuk men­capai total penjualan 115 per­sen dibanding tahun lalu. De­tailnya 1,5 juta unit lemari es, 1 juta unit mesin cuci, 1 juta unit AC dan 1 juta unit panel TV. “Kami optimis angka ini bisa tercapai, sehingga penjualan produk AC Sharp di Indonesia akan menyusul prestasi dua kategori sebelumnya yang telah lebih dulu mengungguli Jepang,” ucap President Director SEID Fumihiro Irie. Menurutnya, kondisi penjualan LCD TV Sharp saat ini memang masih kalah jauh dengan Jepang. Namun dengan pengembangan pasar LCD TV yang cepat di Indonesia dan pemantapan kapasitas pro­duksi di Karawang, pihaknya tetap optimis bisa mengejar Jepang hanya dalam beberapa tahun saja. Dengan semua target ini, Sharp mampu mem­per­tahankan pangsa pasar nomor satu di Indonesia untuk produk lemari es, mesin cuci, AC seka­li­gus merebut peringkat satu untuk kategori panel TV. “Kami yakni Indonesia kini sudah menjadi saingan terbesar Jepang dalam hal penjualan produk Sharp. Indonesia juga berperan sangat penting di wilayah ASEAN dengan kon­tribusi sebesar 50 persen untuk volume bisnis Sharp di kawasan ASEAN,” tuturnya melalui rilis media kepada Radar Cirebon. Dijelaskannya, guna mem­perbesar pangsa pasar Sharp di Indonesia, Sharp telah me­rancang sejumlah strategi penjualan dan pemasaran untuk tahun 2015. “Sepanjang ta­hun ini, Sharp akan mengem­bangkan bisnisnya di Indonesia melalui beragam kegiatan pen­jualan dengan mengangkat konsep Jepang di sejumlah wi­layah tanah air secara berkala,” jelasnya. Sementara itu, General Ma­nager of National and Sales SEID Andry Ady Utomo menam­bahkan, selain gencar menggelar beragam aktivitas penjualan, Sharp juga akan memperkuat aktivitas branding diantaranya dengan memanfaatkan warna merah dan putih sebagai warna kunci untuk display produk di toko sehingga tampil mencolok. Selain itu terus menggandeng Doraemon sebagai tokoh kar­tun Jepang yang sangat dicintai masyarakat Indonesia untuk kampanye LOVE LIFE di berbagai iklan dan materi promosi. “Pangsa pasar Sharp untuk beberapa produk di Indonesia justru mengalami kenaikan, seperti lemari es sebesar 20,7 persen atau naik 108,5 persen dibanding tahun sebelumnya, mesin cuci sebesar 21,7 persen atau naik 105 persen dibanding tahun lalu serta AC sebesar 20,5 persen atau naik 109,7 per­sen dibandingkan tahun sebe­lumnya,” tutupnya. (tta)

Tags :
Kategori :

Terkait