BANDUNG - Yamaha Motor Indonesia tidak henti-hentinya melakukan inovasi. Setelah mengeluarkan seri terbaru dari Yamaha Jupiter Z, kini membuat gebrakan dengan memperkenalkan Yamaha Mio Fino dan Yamaha Mio J.
Kehadiran kedua produk tersebut membuat Yamaha optimis dapat tembus target penjualan. Tahun 2012, Yamaha menargetkan penjualan sebanyak 3,7 juta unit. “Tahun kemarin 3,166 juta. Tahun 2012 total 3,7 juta,” ujar General Marketing Communication of Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo di sela-sela test ride Yamaha Mio Fino, kemarin (25/1).
Sedangkan ekspor produk Yamaha pada tahun 2011 kurang dari 2 persen. Pada tahun 2012, target ekspor masih berkisar di angka 2 persen. Negara yang menjadi tujuan ekspor yakni Eropa. Ekonomi Eropa yang sedang tidak stabil berpengaruh pada ekspor produk Yamaha. “Kita juga ekspor tidak terlalu diprioritaskan, Indonesia kaya raya kok,” tegasnya.
Sementara itu, meski Yamaha baru saja memperkenalkan Yamaha Mio Fino kepada media, Yamaha Mio versi sebelumnya akan tetap dipasarkan. Sejak tahun 2004, Yamaha Mio meraih penjualan diatas 6 juta unit. “Mengikuti perkembangan, kalau masih bagus penjualannya kenapa tidak? Yamaha Fino juga masih keluarga Mio,” ujarnya.
Yamaha Mio Fino sendiri baru akan dilaunching secara nasional pada tanggal 2-2-2012. Sedangkan launching area Jawa Barat rencananya diselenggarakan pada 11-12 Februari 2012. Yamaha Fino ditargetkan dapat terjual 20 ribu unit per bulan secara nasional. “Insya Allah tercapai,” ungkapnya. (swn)