XL Terbitkan Saham Baru

Selasa 02-02-2016,12:40 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan hasil audit kinerja keuangan perusahaan tahun 2015 yang berakhir 31 Desember 2015, kemarin (1/2). Selain itu, XL juga mengumumkan rencana penerbitan saham baru (rights issue) dimana dana yang dihasilkan dari rights issue tersebut akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman dari pemegang saham sebesar USD 500 juta. Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini mengatakan pencapaian XL di tahuun 2015 begitu gemilang. Transformasi yang dilakukan membuahkan hasil yang manis. “Kami berhasil meningkatkan kinerja operasional dan finansial guna membangun pondasi perusahaan yang lebih kuat untuk meraih pencapaian kinerja yang lebih baik di tahun 2016,” ujarnya. XL berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan selama tiga kuartal secara berturut-turut. XL tumbuh sebesar 2 persen QoQ pada 4Q 15, yang didorong oleh pertumbuhan pendapatan penggunaan layanan utama (voice dan SMS) sebesar 2 persen QoQ, serta dari pencapaian kinerja yang solid untuk layanan data yang naik 15 persen QoQ. Peningkatan terbesar ada pada laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi (EBITDA) yang meningkat 6 persen QoQ menjadi Rp 2,3 triliun, yang kemudian meningkatkan EBITDA margin menjadi 39 persen atau naik 1 persen QoQ. Peningkatan ini merupakan dampak positif dari terbentuknya kembali basis pelanggan, serta adanya upaya untuk meningkatkan profitabilitas portofolio produk. Pencapaian ini sekaligus juga merupakan peningkatan EBITDA dan EBITDA margin selama tiga kuartal berturut-turut. XL terus fokus untuk menjadi yang terdepan dalam menyediakan layanan internet mobile di Indonesia. Trafik data diketahui tumbuh 54 persen di tahun 2015 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Total pengguna layanan data sebesar 22,5 juta atau 54 persen dari total pelanggan XL. Pertumbuhan smartphone telah berhasil mendorong peningkatan adopsi layanan data di Indonesia. Penetrasi smartphone XL telah tumbuh dan berkembang sebesar 42 persen pada akhir 2015. XL juga telah berhasil menjalankan kampanye pemasaran dengan 60 Mazda, 60 Hari, 60 Pemenang. Kampanye pemasaran ini untuk meningkatkan dan mendorong isi ulang pulsa oleh pelanggan di tahun 2015 dengan menawarkan hadiah menarik. Selanjutnya, XL juga meningkatkan aktivitas distribusi melalui modern channel dengan memperkenalkan program Harga Pas untuk penjualan isi ulang pulsa di toko-toko seperti Indomaret dan 7-Eleven. Transformasi memang sengaja dilakukan XL untuk merespons perubahan pasar yang dinamis dan fokus pada penciptaan nilai (value). Sehingga XL dapat membangun bisnis yang lebih berkelanjutan di masa depan. XL telah mengakhiri tahun 2015 dengan berbagai pencapaian yang baik. Ini dibuktikan dengan meningkatnya metrik operasional dan keuangan. (ril/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait