TANGERANG - Di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang semakin kompetitif, Toyota mampu mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar seperti saat ini. Selama bulan Juni 2016 lalu, Toyota kembali berhasil mencetak penjualan di segmen retail secara signifikan sebesar 36.564 unit dengan market share 38,1 persen terhadap pasar otomotif nasional. PR Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat mengatakan, penjualan Toyota sepanjang semester 1 (Januari-Juni) 2016 telah mencapai angka 187.438 unit. Naik 11,9 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2015 lalu. \"Jauh di atas rata-rata pertumbuhan pasar otomotif nasional,\" katanya kepada Radar, Rabu (10/8). Untuk itu, Toyota pun turut merangsang agar pertumbuhan ekonomi baik lewat banyak program dan meluncurkan mobil baru. Dari periode semester 1 tahun 2016, ada beberapa mobil baru yang banyak respons masyarakat. Mulai dari Fortuner di bulan Januari, Rush Ultimo 7 penumpang di bulan Maret dan Sienta di bulan April lalu pada ajang Indoonesia International Motor Show. \"Khususnya Sienta, Indonesia dapat kepercayaan sebagai negara pertama yang produksi Sienta di luar Jepang,\" ujarnya. Produk ini sudah meluncur di Jepang sejak tahun 2003 silam dan mendapat respons positif di pasar Jepang. Lalu, generasi kedua hadir di Tokyo Motor Show tahun 2015 dengan desain yang sangat berbeda menjadi kian dinamis serta modern tanpa meninggalkan unsur fungsionalitas. Generasi kedua inilah yang ditawarkan Toyota untuk konsumen di Indonesia. \"Indonesia menjadi sebuah negara yang sangat penting bagi Toyota,\" tuturnya. Hal tersebut terbukti, sejak diluncurkan bulan April lalu total SPK Sienta di Indonesia sudah menembus angka 3.600 unit. Menurutnya, angka tersebut hasil yang memuaskan. \"Kami syukuri karena produk yang dibikin di Indonesia diterima juga oleh masyarakat Indonesia,\" ujarnya. Dari 3.600 unit yang memesan mobil kategori MAV ini, tipe Q dan V menjadi tipe favorit pilihan konsumen. Sementara untuk pilihan transmisinya, 77,6 persen pembelinya adalah matik CVT. \"Menunjukan mobil ini banyak digunakan di perkotaan. Dengan warna favoritnya putih dan orange,\" paparnya. Toyota All New Sienta termasuk salah satu mobil yang juga hadir pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show) mulai tanggal 11-21 Agustus 2016 di ICE BSD Tangerang. Booth Toyota akan hadir di Hall 10 seluas 3.089 meter persegi. Toyota akan menampilkan kendaraan passanger maupun komersil dalam satu booth bersamaan. \"Pameran GIIAS ini buat kami menjadi sebuah ajang untuk lebih mendekatkan diri ke konsumen sekaligus update informasi teknologi terkini dari Toyota,\" katanya. Di tahun ini, PT Toyota Astra Motor tampil dengan tema \"Let\'s Go Beyond, Here for a Wonderful Tomorrow\" yang terinspirasi dari spirit anak muda. Selain mobil-mobil yang sudah dipasarkan di Indonesia termasuk Calya yang secara resmi diperkenalkan pada ajang ini, Toyota juga membawa 3 mobil konsep yang sengaja didatangkan dari Jepang. Pertama, yaitu Toyota Mirai yang berbahan dasar hidrogen, diproduksi massal, serta sudah dipasarkan di Jepang, Amerika, dan beberapa negara Eropa. Kedua, mobil konsep FCV Plus. Ketiga, Toyota C-HR yang merupakan mobil crossover yang pertama kali ditampilkan pada Paris Motor Show 2014 dan akan menjadi mobil global yang bersaing di pasar crossover. \"Tidak kurang dari 30 display produk Toyota yang kami tampilkan di GIIAS,\" pungkasnya. (nda)
Penjualan Toyota Tumbuh 11,9 Persen
Jumat 12-08-2016,03:06 WIB
Editor : Harry Hidayat
Kategori :