Manfaatkan Cipali Macet, Warga Berjualan di Tol

Jumat 23-06-2017,14:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Dedi Haryadi

MAJALENGKA-Mudik lebaran tahun ini dimanfaatkan sejumlah warga untuk menambah pundi-pundi rupiah. Beberapa warga menjadi pedagang dadakan di jalan tol yang masuk wilayah Sumberjaya Kabupaten Majalengka.

Misna (37) misalnya, warga Kecamatan Ciwaringin ini memanfaatkan momen mudik dengan berjualan minuman dingin yang dijajakan kepada para pemudik di jalan Tol Cipali saat arus lalu lintas padat merayap dan sesekali macet.

Misna menjual minuman dalam kemasan dan botol yang disimpan di ember yang sebelumnya didinginkan menggunakan es batu. “Sejak Rabu (21/6) lalu saya menjadi pedagang dadakan di jalan tol. Alhamdulillah pendapatan untuk menambah uang jajan anak dan istri pas lebaran nanti,” kata dia saat beristirahat di atas flyover.

Dirinya mengaku berjualan di jalan tol berbahaya, namun dia berjualan ketika kondisi tol terpantau padat hingga macet total. Sesekali dirinya naik ke permukaan jalan ketika arus kembali lancar.

“saya juga melihat kondisi dan situasi lalu lintas. Kan ini juga membantu meringankan para pemudik yang kelelahan saat kondisi jalan macet. Yang jelas, saya tidak mengganggu arus lalu lintas saja,” klaimnya.

Omzet yang didapat dalam sehari bisa mencapai Rp350 ribu. Terkadang hingga malam sambil menunggu kemacetan jalan tol, dirinya bersama sejumlah warga lain masih berjualan. Tergantung kondisi kepadatan kendaraan di jalan tol tersebut.

“Karena kondisi kendaraan mulai padat merayap kami masih berjualan. Daripada diam saja di rumah, saya mencoba berjualan lagi setelah salat tarawih,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Sayidi (45), yang berjualan aneka buah hingga makanan ringan kemasan. Dia biasanya hanya berjualan di bus yang turun dari satu terminal hingga ke halte. Sudah hampir dua tahun sejak tol Cipali beroperasi, dirinya menjadi pedagang di pinggir jalan tol bersama sejumlah warga saat momen mudik lebaran. (ono)

Tags :
Kategori :

Terkait