SMA Telkom Sekar Kemuning Menjuarai Lomba Mini Drama Bahasa Inggris

Sabtu 15-02-2020,19:16 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON-Untuk yang kesekian kalinya, siswi SMA Telkom Sekar Kemuning meraih prestasi. Kali ini juara dua lomba bahasa Inggris mini drama beregu di kampus Prodi bahasa Inggris Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon, belum lama ini.

Adalah Siti Hayati Wulan Sari dan Disa Ayu Nadya siswi Kelas X IPA serta Muhammad Dzikran Firdaus Kelas X IPS yang meraih juara 2 tersebut.

Aisyah S.Pd, guru bahasa Inggris SMA Telkom Sekar Kemuning kepada Radar Cirebon menuturkan, dalam kompetisi tersebut peserta yang terdiri 3 orang per tim harus memerankan mini drama dengan menggunakan baha Inggris.

\"Alhamdulillah, dalam lomba itu SMA Telkom Sekar Kemuning berhasil meraih juara 2.

Kompetisi ini merupakan tantangan besar untuk kami bagaimana caranya memerankan drama perannya hanya tiga orang dan berbahasa Inggris. Kalau drama itu kan biasanya lebih dari tiga orang,\" katanya.

Masih kata miss Aisyah, pihaknya sudah melakukan persiapan untuk mengikuti lomba tersebut selama tiga Minggu.

\"Karena ini mini drama yang hanya tiga orang, jadi mau tidak mau satu murid harus double peran. Drama yang kami tampilkan mengambil tema tentang sejarah Situ Bagendit yang cukup familiar sehingga mudah diperankan oleh siswa,\" ujarnya.

2

Sementara, Siti Hayati Wulan Sari, mengaku baru pertama kali ikut lomba bahasa Inggris tingkat Cirebon. \"Saya bisa bahasa Inggris tidak ikut kursus tapi belajar sendiri secara otodidak. Ini pengalaman baru ikut kompetisi ini apalagi ini drama dan harus memerankan banyak peran. Kedepan saya ingin sekali ikut lomba-lomba bahasa Inggris di tingkat yang lebih tinggi lagi,\" tuturnya.

Hal serupa pun diucapkan Disa Ayu Nadya. Disa mengaku tertarik bahasa Inggris karena sering menonton film drama Korea. \"Waktu masih SD pernah kursus bahasa Inggris tapi nggak selesai. Saya paling sering nonton film drama Korea di internet. Nah di film itu Khan pakainya teks bahasa Inggris, dari situlah saya terus belajar dan akhirnya bisa berbahasa Inggris,\" ucapnya.

Masih di tempat yang sama, Abdul Majid S.Pd.I, Kepala SMA Telkom Sekar Kemuning Cirebon kepada radar Cirebon mengaku bangga dengan prestasi siswa-siswinya meraih juara 2 lomba bahasa Inggris beregu.

\"Ini semua berkat latihan keras siswa-siswi kami yang dibimbing langsung oleh miss Aisyah.S.Pd guru bahasa Inggris di sekolah ini. Ini merupakan lomba drama pertama kali yang kami ikuti dalam berbahasa Inggris dan Alhamdulillah meraih juara dua,\" katanya.

Dijelaskan Abdul Majid, bahwa bahasa inggris dan arab merupakan bagian dari visi misi SMA Telkom Sekar Kemuning.

\"Di SMA Telkom Sekar Kemuning juga mempunyai program English Day setiap hari rabu dan arabic day setiap jumat pada setiap pekannya yang dimana program ini mendidik anak untuk terbiasa mengunakan bahasa Inggris dan arab Rata-rata siswa-siswi di sekolah ini bisa berbahasa Inggris dan arab, namun harus terus didorong dulu sehingga kepercayaan dirinya ada, mentalnya ada barulah dia muncul. Di sinilah tugas kami sebagai dewan guru untuk mengembangkan dan mengarahkan bakat minat murid, terutama di bahasa inggris dan arab,\" jelasnya. SMA Telkom Sekar Kemuning pada akhir bulan akan mengadakan test ujian masuk bersama pada ahad, 23 Februari 2020 dalam seleksi masuk akan ada beberapa test yang akan di ikuti oleh calon siswa mulai dari test akademik, psikotest, BTQ, wawancara siswa serta wawancara orang tua siswa serta pada tanggal yang sama akan mengadakan pameran literasi sains dan sosial persembahan dari karya siswa dalam bidang sains dan sosial bertemakan pengaplikasian pendekatan STEM (Science, Technologi, Engineering and Mathematics). (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait