China Tulis Surat Terima Kasih ke Bill Gates

Minggu 23-02-2020,17:15 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

BEIJING - Presiden China Xi Jinping telah menulis surat yang menyatakan terima kasih kepada Yayasan Bill & Melinda Gates atas kemurahan hatinya mendukung penanggulangan virus Corona atau Covid-19.

Wabah virus Covid-19 kini telah merenggut 2.345 nyawa di daratan China per 22 Februari 2020 dan menginfeksi lebih dari 76.000 orang, dengan kasus di lebih dari 25 negara.

Awal bulan ini Yayasan Bill dan Melinda Gates berkomitmen berdonasi hingga US$ 100 juta (sekitar Rp1,3 triliun) untuk merespons wabah tersebut.

\"Saya sangat menghargai tindakan kedermawanan Yayasan Bill & Melinda Gates dan surat solidaritas Anda kepada orang-orang China pada saat yang begitu penting,\" tulis Xi dalam surat itu, menurut kantor berita resmi Xinhua, seperti dilansir AFP. \"China berada pada momen kritis dalam perang melawan wabah itu,\" kata Presiden.

Kini jutaan orang masih dikunci di Provinsi Hubei- tempat virus itu muncul pada Desember lalu. Covid-19 juga telah ditemukan di beberapa penjara dan rumah sakit di Hubei.

\"Kami telah mengumpulkan seluruh bangsa dan mengadopsi serangkaian tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengendalikan dan mengurangi epidemi dan mengobati orang sakit,\" tulis Xi. \"Langkah-langkah luar biasa ini memberikan hasil yang substansial,\" katanya.

The Gates Foundation mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk memperkuat upaya deteksi, isolasi dan perawatan, termasuk melindungi populasi yang berisiko dan mengembangkan vaksin dan diagnostik.

2

Yayasan itu mengatakan akan mengarahkan $20 juta ke organisasi seperti Organisasi Kesehatan Dunia, Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit AS, Komisi Kesehatan Nasional China dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok. (dal/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait