Leuweunghapit Banjir Lagi, Desak Pemdes Minta BBWS Realisasikan Tambahan TPT

Selasa 25-02-2020,17:05 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA – Pemerintah Desa (Pemdes) Leuweunghapit Kecamatan Ligung mendesak kepada BBWS Cimanuk-Cisanggarung agar secepatnya merealisasikan permohonan tambahan Tanggul Penahan Tanah (TPT) di sungai Cikamangi. Pasalnya sungai kembali meluap dan menyebabkan banjir di Blok Cikamangi, Senin (24/2).

Kepala Desa Leuweunghapit, H Didi Suryadi menuturkan, banjir susulan yang terjadi di wilayahnya terjadi Senin (24/2) siang. Hujan deras yang mengguyur Majalengka sejak pagi hingga siang mengakibatkan Sungai Cikamangi meluap. Banjir kiriman tersebut memasuki permukiman sekitar pukul 13.00 WIB.

“Hampir tujuh jam lebih banjir merendam kembali permukiman di Blok Cikamangi. Kami mendesak BBWS agar segera merealisasikan permohonan pengerjaan TPT lanjutan tepatnya di dekat blok Cikamangi ini,” pintanya, kemarin.

Menurut Didi, jika tidak segera diperbaiki, maka bukan tidak mungkin titik di tanggul tersebut semakin tergerus dan banjir akan terjadi lagi. Selama ini Pemdes hanya bisa meminimalisasi potensi banjir dengan cara memperbaiki saluran drainase di blok Cikamangi. Namun hal ini tidak bergitu berdampak ketika curah hujan di hulu sungai tinggi. Oleh karenanya, pihaknya mendesak BBWS agar segera menindaklanjuti pembangunan TPT itu.

“Kalau pengukuran soal rencana perbaikan tanggul susulan sudah dilakukan beberapa kali. Kami mendesak agar tahun ini ada realisasi minimalnya dengan mempercepat pembangunan tanggul di titik tertentu agar banjir kiriman tidak sampai masuk rumah penduduk,” tegasnya.

Masyarakat di wilayahnya selalu waswas ketika curah hujan tinggi. Pasalnya kondisi ini sudah pasti menyebabkan banjir di permukiman warga. (ono)

Tags :
Kategori :

Terkait