Penanganan Corona Bukan Crisis Centre, hanya Gugus Tugas

Minggu 08-03-2020,19:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

Koordinator KKP Wilker Cirebon, Wartoni SE mengatakan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penumpang yang “membawa” virus Covid-19, pihaknya telah memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh serta memberikan health alert card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan kepada penumpang pesawat dan penumpang kapal.

“Jadi kalau ada kapal yang datang dari Negara Negara yang diwaspadai terkait penyebaran Corona seperti China, Jepang, Singapura dan sebagainya, langsung kita berikan form deklarasi kesehatan penumpang sebelum mereka bersandar di dermaga pelabuhan. Setelah diketahui tidak ada yang mempunyai tanda tanda sakit, baru kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal gun,” ungkapnya kepada Radar.

Dikatakan oleh Wartoni, untuk kapal barang yang berasal dari luar negeri yang bersandar di pelabuhan Cirebon jumlahnya terbilang tidak banyak. Hanyak 4-5 kapal saja setiap bulanya. Rata rata adalah kapal tongkang yang mengangkut gypsum dan material lain.

\"Saat kapal tersebut datang, petugas kami yang mendatangi kapal dari luar negeri untuk melakukan pemeriksaan kepada awak kapal, jadi bukan mereka yang turun ke darat,\" jelasnya.

Wartoni menyatakan semenjak mencuatnya wabah virus corona di berbagai negara, belum ditemukan turis maupun pendatang dari awak kapal dari luar negeri yang terdeteksi terjangkit virus mematikan ini. \"Sampai saat ini belum terdeteksi ada penumpang yang membawa Covid-19,” tutupnya. (dri/ade/awr)

Tags :
Kategori :

Terkait