DSP3A Tunggu Pembangunan Selter PMKS

Rabu 11-03-2020,20:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

CIREBON –  Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), masih menunggu realisasi pembangunan selter untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). 

Rencananya, lokasi pembangunan selter di areal Gedung Korpri. Namun hingga saat  ini belum ada tanda-tanda dimulainya proyek tersebut.

Kepala DSP3A, Iing Daiman MSi menjelaskan, tahun ini sudah dialokasikan anggaran untuk pembangunaan selter sekitar Rp1 miliar. Ditargetkan Agustus selesai pengerjaan proyek tersebut. “Kita masih menunggu proses pembangunan karena anggarannya ada di Dinas PUPR,” ujar Iing, kepada Radar Cirebon, Selasa (10/3).

Diharapkan pekerjaan tersebut rampung sesuai target waktunya. Sehingga keberadaan Selter PMKS ini bisa disegera difungsikan. Rencananya, selter memiliki 4 kamar dengan 16 tempat tidur.

Keberadaannya, tidak sebatas rumah singgah sementara. Akan tetapi ada proses pembinaan, melibatkan psikolog, pekerja sosial hingga tokoh agama.

Kemudian, PMKS yang terjaring razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) maupun kepolisian juga akan ditempatkan di fasilitas ini. Mereka akan tinggal sementara paling lama 3 hari. “Selama 3 hari itu dikasih pembinaan,” tuturnya.

Iing mengungkapkan, keberadaan Selter PMKS merupakan konsekuensi Kota Cirebon sebagai kota transit. Posisinya strategis antara Jawa Barat dan Jawa tengah. Sehingga mejadi magnet bagi PMKS datang ke Cirebon.

2

Hadirnya gelandangan, pengemis, dan seringnya tawuran antar pelajar setelah ditelisik ternyata bukan warga Kota Cirebon. Karenannya perlu pembinaan bagi mereka, termasuk menginbau ke masyarakat untuk tidak membeirkan uang kepada pengemis di lampu merah atau di permepatan jalan. (abd)

Tags :
Kategori :

Terkait