Abrasi Makan Korban Lagi, Terkikis Arus Sungai Cikeuruh, Satu Rumah Ambruk

Kamis 12-03-2020,05:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA- Sebuah rumah milik saman (65) warga Blok Sukatani RT 02, RW 04 Desa Sukawera ambruk karena derasnya air Sungai Cikeuruh. Ditemui awak media, Saman dibantu dengan putranya bercerita jika air Sungai Cikeuruh terus mengikis lahan di sekitar rumahnya. Sebelumnya, rumah Saman berada jauh di pinggir sungai.

“Jaraknya dari rumah ke Sungai itu sekitar 70 meter. Namun diawal tahun 2017 pinggiran Sungai Cikeureuh, tepatnya dibelakang rumah mengalami abrasi akibat terjangan air yang meluap setiap kali hujan deras,” tuturnya.

Karena tidak ada penanganan, abrasi itu semakin parah. Daerah aliran sungai di dekat rumahnya terus-terusan tergerus. “Akhirnya Kamis lalu, dua kamar rumah saya serta kamar mandi ambruk,” sambungnya.

Ia pun sudah melaporkan insiden ini pada pemerintah setempat. Namun sudah hampir sepekan insiden terjadi, Saman mengaku belum mendapat perhatian dari pemerintah.

\"Sekarang saya pasrah mas, saya orang nggak punya, mau pindah, tapi pindah kemana? Saya bersama istri saat ini masih mendiami rumah yang sebelahnya ambruk,\" ujarnya.

Saman bersama sang istri merasa khawatir tinggal di rumahnya saat ini. Apalagi dinding bagian depan sudah retak.

Di tempat yang sama Kepala Desa Sukawera H Darma melaui Kasi Pemerintahan Suhartono, mengatakan pihaknya sudah melaporkan kejadian abrasi ini kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka. Hanya saja sampai saat ini belum ada langkah konkret dari Pemkab Majalengka.

2

\"Karena keinginan kami sebagai pemdes, pemilik rumah yang ambruk itu segera direlokasi dan Sungai Cikeuruh yang abrasi segera dibenahi, agar tidak ada rumah yang ambruk berikutnya,\" jelasnya

Dirinya juga menambahkan di sepanjang pinggiran Sungai Cikeuruh ini, banyak berdiri rumah permanen. Saat ini sudah ada dua rumah terancam ambruk.

“Dikhawatirkan kalau tidak segera ditanggulangi maka abrasi akan semakin meluas,” ungkap Suhartono.(bae)

Tags :
Kategori :

Terkait