Tertular di Luar Negeri, Meninggal di Bali

Kamis 12-03-2020,11:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

WARGA negara asing (WNA) pasien positif Covid-19 meninggal dunia di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali, Rabu dini hari (11/3).Pasien ini ternyata memiliki riwayat penyakit berat. Keterangan ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

WNA yang wafat merupakan perempuan berusia 53 tahun. Ia sempat dirawat di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali. “Coronavirus ini akan memperburuk daya tahan tubuh dia. Dan ini menyebabkan peluang penyakit-penyakit dasar yang dia miliki menjadi semakin parah,” kata Achmad Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/3).

Pasien Covid-19 yang meninggal dunia diidentifikasi sebagai pasien nomor 25. Pasien perempuan berusia 53 tahun itu terserang Covid-19 saat berada di luar negeri. Saat memasuki Indonesia, pasien sudah dalam keadaan terinfeksi virus corona. Selama menjalani perawatan, pasien didampingi oleh suaminya.

Yurianto menjelaskan, infeksi virus corona membuat kondisi pasien yang sudah menderita diabetes dan gangguan paru-paru itu semakin parah. “Bakteri akan menjadi oportunis menjadi masalah dengan tidak bisa dikendalikan menjadi masalah dan menjadi sepsis. Jadi bukan karena corona virus sebagai penyebab utama, tapi itu yang memburuk kondisinya,” ujarnya.

Sekda Pemprov Bali Dewa Made Indra menyatakan pihaknya mendapatkan informasi dari RS Sanglah bahwa salah satu pasien dalam pengawasan Covid-19 meninggal dunia pukul 02.45 WITA. “WNA ini baru empat hari lalu masuk ke Indonesia,” terangnya.

Pasien ini juga memiliki komplikasi penyakit. Yakni hipertensi, hipertiroid, diabetes, dan Chronic Obstuctive Pulmonary Disease (COPD). Pasien tersebut awalnya dinyatakan positif Corona pada Selasa (10/3). Dia termasuk dalam imported case atau terinfeksi virus dari luar Indonesia. (fin/ful)

Tags :
Kategori :

Terkait