Pemdes Harus Fokus Kembangkan SDM

Sabtu 14-03-2020,21:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA-Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menilai semakin pesatnya teknologi informasi pada era industri 4.0, sudah seharusnya masyarakat dan pemerintah fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Terutama di lingkungan pemerintah desa. Karena bagaimanapun juga pembangunan dan pemberdayaan SDM yang berkualitas di desa merupakan program menuju Majalengka Raharja.

\"Bahkan jika kualitas sumber daya manusia bisa berkembang, Indeks pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Majalengka akan naik. Untuk itu selain meningkatkan infrastruktur, pemerintah desa harus fokus kembangkan SDM,\" ungkapnya.

Selain itu dirinya juga menjelaskan jika SDM ini berkembang, hal itu bisa membawa usaha yang ada di desa lebih maju. Nantinya, tidak hanya menambah penghasilan masyarakat, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan. 

“Oleh karena itu, pemerintah desa harus bisa menciptakan terobosan-terobosan untuk menciptakan lapangan usaha baru bagi masyarakat dan dasar pembinaannya adalah menciptakan kualitas manusia dan masyarakat yang maju dan mandiri. Apabila manusianya berkualitas tinggi maka ekonomi masyarakat kuat,\" jelasnya.

Selain itu Wabup juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan perekonomian dengan menciptakan atau memanfaatkan sumber daya yang ada seperti potensi pertanian, wisata, kerajinan, atau peternakan.(bae)

2

Tags :
Kategori :

Terkait