Anggota Kodim 0617 Donor Darah

Jumat 03-04-2020,22:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA- Anggota Kodim 0617 Majalengka antusias megikuti aksi donor darah di Aula Kodim 0617 Majalengka, kemarin.  Kepala Unit Transfusi Darah (UTD)  PMI Cabang  Majalengka, dr Neneng Ari Latifah didampingi Kabid Pelayanan, Andi Puji Santoso mengungkapkan,  ada  130 orang yang daftar untuk donor darah dan yang bisa donor berjumlah  51 orang.

Sebelumnya, pada Kamis (26/3) lalu kegiatan donor darah juga dilaksanakan di Puskesmas Waringin dan mendapatkan 28 pendonor. “Dijadwalkan Sabtu akan  dilaksanakan di Markas Yonif 321 Galuh Taruna,” terangnya.

Ketua PMI Cabang  Majalengka, H Ahmad Suswanto,  SPd MPd didampingi Wakil Ketua PMI Bidang Bencana, Dr H Momon Lentuk SPd MPd mengapresiasi  aksi donor darah yang dilakukan anggota TNI Kodim 0617 Majalengka.

Menurutnya, donor darah dalam rangka membantu persediaan  darah PMI menghadapi wabah Covid-19. “PMI siap melayani masyarakat, dan ikut membantu pencegahan Covid-19 melalui penyemprotan disinfektan di kantor pemerintahan, rumah masyarakat, tempat ibadah dan lainnya.

Dijelaskan, donor darah tidak menularkan Corona  dan PMI Cabang  Majalengka buka setiap hari kerja pukul  7.00 hingga pukul  21.00 untuk menerima pendonor  yang akan berdonor langsung ke kantor Unit Transfusi Darah (UTD) di Jalan KH Abdul  Halim nomor  313  atau samping SMPN  1 Majalengka.

Adapun syarat  pendonor darah  yakni  sehat jasmani dan rohani, usia 17-60  tahun, berat badan minimal 46 kg,  tidak minum obat antibiotik dalam 3 hari terakhir, tidur malam minima 5 jam sebelum donor,  dan  tidak sedang menstruasi di hari hari pertama. “Transfusi darah tidak  bisa ditunda, jadilah donor darah sebagai gaya hidup. Jadilah pahlawan kemanusiaan untuk menolong sesama,”  tandasnya. (ara)

Tags :
Kategori :

Terkait